detikHot

movie

Karakter Perempuan dan Laki-laki di Film 'Bebas' Simbolkan Kesetaraan

Jumat, 04 Okt 2019 13:09 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Foto: (dok.Milesfilm) Foto: (dok.Milesfilm)
Jakarta - Dari film aslinya 'Sunny', Mira Lesmana membuat penyesuaian di beberapa karakter dalam film 'Bebas'. Salah satunya dua karakter yang diperankan Giorgino Abraham dan Jefri Nichol, yang di film aslinya adalah seorang perempuan.

"Sebenarnya karakter yang dimainkan oleh Giorgino dan Jefri Nichol, dua-duanya diperankan oleh perempuan dalam film Sunny, itu pun kami ubah menjadi laki-laki karena menurut kita lebih lokal," ujar Mira Lesmana baru-baru ini.

Ada pesan yang terselip di balik pemilihan karakter tersebut. Mira mengatakan representasi laki-laki di antara perempuan merupakan bentuk penghormatan antar gender.


"Ini menjadi statement tambahan bagaimana laki-laki menghormati perempuan dan perempuan menganggap laki-laki seperti apa. Jojo jelas merepresentasikan laki-laki yang sangat menghormati perempuan sehingga dia mau berada di antara geng perempuan, dan perempuan-perempuan ini merasa percaya pada Jojo. Apa dan bagaimana jati dirinya kita sengaja membuka, kita tidak mau membuatnya terlalu spesifik," ungkap Mira.


Karakter Jojo merupakan sosok laki-laki yang bergaul dengan lima orang perempuan. Karakter tersebut kemudian secara tidak langsung mengartikan sosok laki-laki yang gemulai.

Tokoh ini diperankan Baskara Mahendra dan Baim Wong sebagai Jojo dewasa.


Simak Video "Mengenang Masa Indah Lewat Konser BEBAS-Pesta '90-an"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com