detikHot

movie

Kisah Penyintas Holocaust Jadi Produser Film Tersukses Jerman

Kamis, 11 Jul 2019 06:08 WIB Nugraha - detikHot
Foto: getty images Foto: getty images
Jakarta - Artur Brauner, penyintas Holocaust kelahiran Polandia yang jadi produser film Jerman, meninggal dunia. Ia meninggal di usia 100 tahun.

Brauner punya kisah yang kelam di masa lalunya. Beruntung ia selamat dari Nazi, bahkan jadi produser film Jerman paling sukses. Ia juga termasuk dalam nominasi Oscar 'Europa, Europa' dan waralaba 'Winnetou'.

Brauner punya trik unik untuk membiayai film-filmnya. Sejak awal, ia mengambil pendekatan dua jalur untuk pembuatan film salah satunya memproduksi hiburan ringan yang ia sendiri sebut film 'tra la la'. Brauner membuat beberapa film kelas dua berbau 'esek-esek' demi bikin kisah tentang kediktatoran Nazi, termasuk 'The White Rose', 'Babij Jar' dan 'Europa Europa', yang memenangkan Golden Globe dan merupakan nominasi Oscar untuk film berbahasa asing terbaik.

Brauner meninggal hari Minggu di Berlin setelah beberapa hari sakit.

"Dia meninggal dengan senyum di bibirnya. Ia memiliki kehidupan yang indah," kata Sharon, keponakan Brauner mengatakan kepada Bild.

Brauner pernah diwawancara oleh majalah Jerman, mengenang konfrontasi yang diterimanya ketika muda. Namun ia berhasil lolos karena pernah melihat film Gary Cooper yang begitu memberinya inspirasi.

"Dalam film itu, tiga bandit mencoba memaksa Cooper untuk menyerahkan peta ke tambang emas. Dia menolak. Mereka semua berdiri di tepi sungai, sama seperti aku dengan Nazi. Ketika bandit itu membidik Cooper, dia mendorong kepalanya ke perut dan mendorong ketiganya ke dalam air," ungkapnya.

Kisah dalam film itu pun menginspirasinya dalam kehidupan nyata. Brauner mendorong Nazi dan senjatanya ke dalam air.

"Aku menarik celanaku dan berlari sampai aku tidak bisa melihatnya lagi," katanya.

Setelah itu, Bruner melarikan diri ke hutan hingga menghabiskan lima tahun di sana. Sementara, 49 kerabatnya terbunuh di kamp konsentrasi, tetapi orang tuanya dan tiga dari empat saudara kandungnya berhasil selamat ke Israel.

Setelah perang, Brauner pindah ke Berlin Barat, di mana ia mendirikan perusahaan CCC (Central Cinema Compagnie) pada 1949. Perusahaan itu dibuat tepat di lokasi bekas pabrik amunisi.


Kisah Penyintas Holocaust Jadi Produser Film Tersukses Jerman

(nu2/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com