detikHot

movie

10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Mana Favorit Kamu?

Jumat, 28 Jun 2019 07:05 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Mana Favorit Kamu? Foto: Dok. Falcon Pictures 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Mana Favorit Kamu? Foto: Dok. Falcon Pictures
Jakarta - Industri perfilman Indonesia sedang bangkit dalam beberapa tahun belakangan ini. Bioskop-bioskop di dalam negeri mulai didominasi dengan film lokal yang berhasil menjaring jutaan penonton.

Bahkan ada beberapa film yang telah menembus angka 5 juta penonton dan mendapatkan pendapatan kotor hingga ratusan miliar. Tidak mengagetkan jika film-film ini berhasil masuk dalam daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Berikut adalah 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa versi filmindonesia.or.id seperti dilansir oleh detikHot.



1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016)

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini menyandang gelar sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film yang mencoba membangkitkan kembali karakter Warkop DKI yang sempat tenar di era 1990-an ini pun mendapuk Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian dan Tora Sudiro untuk memerankan Dono, Kasino dan Indro. Film ini berhasil mendapatkan lebih dari 6,8 juta penonton.

2. Dilan 1990 (2018)

Film yang diadaptasi dari novel berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 ini berhasil mendapatkan lebih dari 6,3 juta penonton saat dirilis pada tahun 2018. Disutradarai oleh Fajar Bustomi, film ini menceritakan kisah cinta Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) di tahun 1990. Film ini pun membuat demam Dilan menjalar berkat kata-kata romantisnya sepanjang film.


3. Dilan 1991 (2019)

Dirilis pada awal tahun 2019, sekuel dari Dilan 1990 ini berhasil menggaet lebih dari 5,2 juta penonton. Film ini bahkan sempat mengalahkan jumlah penonton Avengers: Infinity War di hari pertama.

4. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi termasuk salah satu film adaptasi novel terbaik yang pernah dibuat. Film ini dirilis pada tahun 2008 dan sempat menjadi film Indonesia terlaris selama delapan tahun sebelum dikalahkan oleh Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 pada tahun 2016. Film ini berhasil menjaring lebih dari 4,7 juta penonton.

5. Habibie & Ainun (2012)

Habibie & Ainun diangkat dari buku memoir yang ditulis oleh presiden ketiga Republik Indonesia, B.J. Habibie. Film ini menceritakan kisah cinta Habibie yang diperankan oleh Reza Rahadian dengan istrinya, Hasri Ainun Habibie yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Film ini ditonton oleh lebih dari 4,5 juta orang.

10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Mana Favorit Kamu?10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Mana Favorit Kamu? Foto: Istimewa


6. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan merupakan remake dari film berjudul sama karya Sisworo Gautama Putra. Film yang disutradarai Joko Anwar ini berhasil menggaet lebih dari 4,2 juta penonton.



7. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 (2017)

Dirilis setahun setelah film pertamanya, Warkop DKI Reborn Part 2 berhasil mendapatkan lebih dari 4 juta penonton. Tapi sayangnya sekuel ini tidak berhasil mengungguli film pendahulunya.

8. Ayat-ayat Cinta (2008)

Ayat-ayat Cinta merupakan film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan mengikuti lika-liku kisah cinta Fahri (Fedi Nuril) yang sedang melanjutkan studinya di Mesir. Film ini berhasil menggaet 3,6 juta penonton.

9. Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016)

Dirilis 14 tahun setelah Rangga dan Cinta berpisah di bandara, kisah cinta keduanya berlanjut dalam Ada Apa dengan Cinta 2. Kali ini kisah cinta keduanya berlatar belakang kota Yogyakarta. Film ini ditonton 3,6 juta penonton, mengalahkan catatan pendahulunya yang berhasil mengumpulkan 2,7 penonton.

10. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018)

Ikon horor legendaris Suzzanna dihidupkan kembali dalam film yang dirilis pada tahun 2018 ini. Kali ini Luna Maya yang memerankan Suzzanna, seorang perempuan yang berubah menjadi sundelbolong karena ia dibunuh ketika sedang hamil. Film ini berhasil mendapatkan lebih dari 3,3 juta penonton.

Apakah ada film Indonesia favorit kamu yang masuk dalam daftar ini?


Simak Video "Prediksi Joko Anwar soal Tren Film Indonesia di 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/nwy)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed