detikHot

Laporan dari Macau

Tantangan Iqbaal Ramadhan saat Syuting 'Bumi Manusia'

Jumat, 14 Des 2018 17:12 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Tantangan Iqbaal Ramadhan saat Syuting Bumi Manusia Foto: Delia Arnindita Larasati/detikHOT Tantangan Iqbaal Ramadhan saat Syuting 'Bumi Manusia' Foto: Delia Arnindita Larasati/detikHOT
Macau - Iqbaal Ramadhan dinominasikan dalam kategori Asian Stars: Up Next Award oleh majalah Variety. Saat menggelar konferensi pers bersama 4 peraih nominasi lainnya, sang aktor menyempatkan diri bicara soal proyek terbarunya, 'Bumi Manusia'.

Aktor berusia 18 tahun itu mengaku harus mempelajari sejumlah bahasa asing seperti Prancis, Belanda, hingga bahasa daerah seperti Jawa. Tak hanya itu, Iqbaal mengaku juga banyak mempelajari budaya-budaya baru yang sebelumnya tak pernah ia lihat.

"Menjadi bagian dari film 'Bumi Manusia' adalah sebuah kesempatan yang sangat besar. Aku ingat salah satu temanku dari Belanda mengirim pesan singkat. Dia membaca berita soal peranku di film tersebut. Dia memberiku selamat, dan bilang sudah membaca buku tersebut di kelas sastra dengan bahasanya sendiri. Hal ini sangat keren karena aku bisa memerankan sosok yang sudah dibaca orang di seluruh dunia," ujar Iqbaal saat menggelar konferensi pers di Macau Cultural Centre, Jumat (14/12/2018).


Tantangan Iqbaal Ramadhan saat Syuting 'Bumi Manusia'Tantangan Iqbaal Ramadhan saat Syuting 'Bumi Manusia' Foto: Delia Arnindita Larasati/detikHOT
"Bicara dengan bahasa Prancis dan Belanda juga menjadi tantangan yang besar. Sekarang aku bisa mengerti sejumlah hal dan hal itu sangat keren. Bermain di film ini adalah kesempatan yang luar biasa, dan aku sangat berterima kasih," lanjutnya.

Selain itu, Iqbaal juga berharap film 'Bumi Manusia' bisa merambah berbagai kalangan. Hal tersebut juga ternyata menjadi tantangan tersendiri untuknya.


Tonton video: Salut! Iqbaal Ramadhan Masuk Nominasi Asian Stars: Up Next Award

[Gambas:Video 20detik]



"'Bumi Manusia' adalah termasuk bacaan yang berat. Tantangan terbesarnya juga bagaimana membuat bacaan tersebut menjadi film yang cukup ringan. Aku berharap siapa pun bisa menontonnya tanpa ada rasa beban," pungkas Iqbaal.

Dalam nominasi Asian Stars: Up Next, Iqbaal disandingkan dengan sejumlah aktor berbakat Asia lainnya seperti Anna Curtis (Filipina), Zheng Kai (China), Xana Tang (Selandia Baru), dan Zaira Wasim (India).


(dal/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com