detikHot

movie

Dinilai Rasis, Karakter Ini Dihapus dari 'The Simpsons'

Senin, 29 Okt 2018 07:00 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Istimewa/Boredpanda. Foto: Istimewa/Boredpanda.
Jakarta - 'The Simpsons' sudah menjadi serial kartun idola tak hanya di Amerika Serikat tapi juga di seluruh dunia. Banyak yang menyaksikan serial konyol dan satire tersebut selama berpuluh-puluh tahun. Beragam karakter juga mempunyai ciri khas yang disukai seluruh penonton, namun kali ini banyak yang memprotes salah satu karakternya yakni Apu.

Apu dinilai menjadi salah satu karakter Indian-Amerika yang jadi pandangan rasis bangsa Amerika terhadap suku tersebut. Bahkan efeknya membuat karakter yang telah 31 tahun tampil di 'The Simpsons' itu ditiadakan atau dihapus di seri-seri berikutnya. Ia tampil pertama kali di tahun 1987 lalu dan menjadi pemilik Kwik-E-Mart.


Seorang komedian Amerika bernama Hari Kondobolu mengatakan bahwa karakter Apu adalah bentuk rasisme yang ditunjukan oleh serial tersebut. Ia bahkan membuat sebuah dokumenter pada tahun 2017 lalu bertajuk 'The Problem With Apu'. Hari manyebut bahwa karakter Apu sangat menyakiti perasaannya dan menjadi stereotype atas sukunya tersebut.

"Semua yang dilakukan Apu adalah candaan. Dan hal itu menjadi candaan karena ia seorang India. Apu merefleksikan bagaimana Amerika melihat kami: pelayan/budak, licik dan konyol," ujarnya.

Namun ia tak ingin karakter Apu dihilangkan dari serial tersebut melainkan diubah sifatnya dan jauh dari stereotype tersebut. Dan hal itu makin diperparah dengan salah satu episode pada awal tahun ini. Di mana Lisa dan Marge Simpson membaca sebuah versi terbaru dari 'The Princess in the Garden'. Dalam episode itu Lisa mengatakan bahwa 'Sesuatu telah dimulai sejak satu dekade lalu dan kini jadi tindakan politis yang tak benar. Apa yang bisa kau lakukan?'

Lisa pun kemudian melihat gambar/foto Apu dengan sebuah tulisan yang mengatakan bahwa 'Jangan memiliki sebuah sapi'. Yang mana menjadi memperkeruh suasana dan isu rasis, karena sapi merupakan hewan dewa bagi masyarakat tersebut.

Adi Shankar, produser The Grey pun menyebut bahwa dari banyak sumber dekatnya mengatakan bahwa karakter Apu akan ditiadakan.

"Mereka akan menghilangkan karakter Apu," ungkapnya kepada IndieWire.
(nu2/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com