Laporan dari Edinburgh

Manoj Punjabi, Biaya Produksi dan Ekspetasi Besarnya untuk 'Ayat-Ayat Cinta 2'

Komario Bahar - detikHot
Rabu, 13 Sep 2017 13:35 WIB
Manoj Punjabi memantau langsung produksi 'AAC 2' di Edinburgh (Komario/detikHOT)
Edinburgh - Produser MD Pictures, Manoj Punjabi punya ekspetasi luar biasa besar terhadap film 'Ayat-Ayat Cinta 2' yang melakukan pengambilan gambar sebagian besar di United Kingdom. Seperti apa?

Kepada detikHOT, Manoj menganggap 'AAC 2' ini adalah proyek yang sudah begitu lama ditunggu sekuelnya. Pada film pertamanya, 'AAC' menjadi salah satu film yang paling laris pada masanya.

'AAC' memperoleh pendapatan luar biasa dari 3,7 juta penonton di 2008 sebelum akhirnya dikalahkan oleh 'Laskar Pelangi' garapan rumah produksi Miles.


Wajar Manoj begitu bersemangat karena akan merilis 'AAC 2' yang punya fanbase begitu besar dari film pertama maupun novelnya.

"'AAC' pertama sukses, film yang pertama menggegerkan karena Titanic dikalahkan (khusus di Indonesia). Saya nggak sangka lho bakal ada yang kedua, ketemu lagi sama Habiburrahman (El Shirazy) dan dia bilang siap nulis lagi.. 'wow' saya langsung antusias garap (filmnya)," papar Manoj ditemui detikHOT secara eksklusif di Edinburgh, Skotlandia.

Manoj Punjabi, Biaya Produksi dan Ekspetasi Besarnya untuk 'Ayat-Ayat Cinta 2'Foto: Syuting Ayat-Ayat Cinta 2 (Rio/detikHOT)


Manoj mengatakan, sebagai penulis, Habiburrahman El Shirazy bukanlah tipikal novelis yang memanfaatkan momen lantaran novel pertamanya laku. Terbukti butuh satu windhu alias 8 tahun dari jarak rilis novel pertama dan kedua.

"Ini terjadi natural, kalau nggak, mungkin tiga tahun setelah rilis mungkin sudah ada 'AAC 2', ini pas," tambah Manoj lagi.



Ditanya soal budget, Manoj juga mengklaim bahwa 'AAC 2' adalah megaproyek yang biaya produksinya mencapai angka termasuk paling tinggi.

"Ini sudah di atasnya budget yang pernah ada," demikian Manoj. Sekadar informasi, Manoj sempat menyebut film sebelumnya, 'Surga yang (Tak) Dirindukan 2' yang melakukan pengambilan gambar di Hongaria mencapai biaya produksi Rp 16 miliar.

Sayang untuk film 'AAC 2', Manoj yang diwawancara lagi di kawasan The Shore Street, United Kingdom ogah menyebut berapa biaya pastinya yang ia keluarkan.

Fedi Nuril masih menjadi sosok Fahri. Namun ia kehilangan Aisyah selama beberapa tahun lalu bertemu banyak wanita. Di proyek kali ini, Guntur Soeharjanto duduk sebagai sutradara menggantikan Hanung Bramantyo yang menggarap film perdananya.

Selain Fedi, ada Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra, Dewi Irawan, Bront Palarae, Nur Fazura sampai Pandji Pragiwaksono serta Arie Untung.

Selama dua minggu 'AAC 2' melakukan pengambilan gambar di Edinburgh dan wilayah Skotlandia lainnya. Film ini akan segera tayang pada 21 Desember mendatang. (kmb/kmb)