K-Spotlight

Drakor D.P. Angkat Budaya Senioritas di Barak Militer Korea Selatan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 27 Agu 2021 12:10 WIB
D.P.
Foto: (dok. Netflix)
Jakarta -

Netflix hari ini merilis drama Korea original terbarunya berjudul D.P. Drama Korea ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama.

D.P. mengangkat cerita para tentara di barak militer. Drama ini menyoroti penangkapan tentara yang kabur atau menjadi desertir karena berbagai alasan.

Dalam wawancara detikcom dengan para aktor D.P. belum lama ini, mereka mengungkap pengalaman saat syuting di barak militer. Jung Hae In mengaku teringat dengan masa-masa menjalani wajib militer.

"Kru dan tim melakukan pekerjaan yang sangat baik. Mereka membangun set yang sangat realistik. Aku kaget saat masuk ke lokasi syuting pertama kali. Aku jadi ingat masa-masa sedang wajib militer," ujar Jung Hae In.

"Aku sangat gugup karena banyak petinggi militer di sana. Aku langsung menggunakan namaku sendiri 'Jung Jae In' saat syuting," lanjutnya.

Selain Jung Hae In, drama ini juga dibintangi oleh Koo Kyo Hwan dan Kim Sung Kyun. Mereka berada dalam satuan khusus bernama D.P. yang merupakan singkatan dari Deserter Pursuit.

D.P.D.P. Foto: (dok. Netflix)

Unit Angkatan Darat tersebut bertugas melacak tentara yang mangkir dari kewajiban karena berbagai hal, salah satu diantaranya adalah senioritas. Melalui drama ini, para penonton akan diperlihatkan sejumlah perlakuan tidak adil yang dilakukan tentara senior pada juniornya.

Senioritas memang dikenal sebagai hal biasa di Korea Selatan, terlebih di barak militer. Menurut Kim Sung Kyun, D.P. merupakan penggambaran yang jujur atas budaya militer di Korea Selatan.

"Budaya militer di Korea Selatan sebenarnya sangat jarang (diperlihatkan). Aku merasa drama ini bisa menjadi pendekatan yang baru kepada fans di seluruh dunia," ungkap Kim Sung Kyun.

"D.P. mengangkat cerita sebuah unit militer. Namun tetap saja dunia militer adalah sebuah kelompok kecil. Di dalamnya berisi cerita tentang anak dari seseorang, teman, juga anak muda yang mungkin banyak yang bisa merasakan hal yang sama," pungkasnya.

Kental dengan adegan aksi, banyak persiapan yang harus dilakukan para aktor sebelum syuting. Simak penuturan mereka di artikel berikutnya.

D.P. bisa disaksikan di Netflix.



Simak Video "K-Talk Ep 92: Rating Sempurna buat Drakor D.P."
[Gambas:Video 20detik]
(dal/srs)