Main Stage

Feel Koplo Buka Arti Nama Nyeleneh Mereka

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 04 Jul 2021 21:51 WIB
Feel Koplo saat berkunjung ke kantor detikcom dalam program Main Stage.
Feel Koplo Buka Arti Nama Nyeleneh Mereka (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta -

Feel Koplo merupakan duo disjoki yang terdiri dari Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad. Keduanya kerap membawakan ulang lagu-lagu pop yang diramu ulang menjadi bernuansa dangdut.

Belakangan, Feel Koplo ingin lebih dari sekadar meramu ulang karya musisi lain. Mereka membuat karya orisinal yang dirangkum dalam mini album A Culture A 6.

Sebagai duo disjoki, mereka terbilang cepat menanjak dan diingat. Bagaimana tidak, nama Feel Koplo memang terdengar nyeleneh tapi sekaligus catchy.

Dalam perbincangannya dengan detikcom, baru-baru ini, Ikhsan dan Tendi membuka asal dan makna dari Feel Koplo. Menurut keduanya, nama itu adalah pelesetan dari pil koplo. Sehingga, bagi mereka, nama itu tidak merujuk pada genre dangdut koplo.

Seorang teman yang berada di lingkaran pergaulan mereka adalah yang pertama kali mencetuskan nama tersebut pada Ikhsan dan Tendi.

Sebelum Feel Koplo tercetus, mereka mengaku sempat bingung dan memutar otak untuk menemukan nama yang tepat bagi duo mereka.

"Sebenarnya ingin punya nama yang ada unsur dangdutnya, tadinya banyak sih pemilihan, kan biasanya dangdut identik dengan daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, tadinya dari kota Wonodadi tapi dipelesetin jadi Wonodedi," cerita Ikhsan.

"Kami lagi bertiga, ada teman satu lagi namanya Mufti, dia nyeletuk saja, udah pil koplo aja," lanjutnya.

Feel Koplo saat berkunjung ke kantor detikcom dalam program Main Stage.Feel Koplo saat berkunjung ke kantor detikcom dalam program Main Stage. Foto: Dikhy Sasra

Ketika mendengar usul temannya tersebut, Ikhsan dan Tendi tak langsung setuju. Mereka awalnya kaget mendengar usulan itu. Tetapi mereka kemudian sepakat untuk membuat pelesetannya menjadi Feel Koplo.

"Koplo-koplo gitu dnagdut koplo kan ada. Pil koplo kan ini obat terlarang. Tapi, dipelesetin saja. Iya, dibagusin, dirundingin lagi jadi muncul lagi Feel Koplo," ujar Ikhsan.

"Karena pil koplo itu filosofinya membuat orang euforia. Jadi kami masuk-masukinnya bikin orang jadi euforia tanpa butuh pil koplo," sambung Tendi.

Feel Koplo menceritakan serba-serbi karier mereka di industri musik hingga penggarapan mini album A Culture A 6 di podcast Main Stage yang dapat kalian dengarkan di sini:

(srs/dar)