Main Stage

Awal Mula Feel Koplo Kecemplung di Dangdut-Elektronik

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 03 Jul 2021 21:36 WIB
Feel Koplo saat berkunjung ke kantor detikcom dalam program Main Stage.
Feel Koplo Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Feel Koplo belum lama ini mengeluarkan mini album berjudul A Culture A 6. Melalui mini album itu, duo yang terdiri dari Maulfi Ikhsan dan Tendi Ahmad itu ingin membuktikan bahwa mereka pun dapat memiliki karya orisinal.

Duo disjoki itu sebelumnya dikenal karena kerap meramu ulang lagu-lagu pop Indonesia menjadi bernuansa dangdut, sebuah terobosan yang terbilang segar di tengah industri musik Tanah Air.

Saat bertandang ke kantor detikcom, dua personel Feel Koplo bercerita bahwa terbentuknya duo tersebut tidak lepas dari ide Ikhsan yang tiba-tiba ingin mendaur ulang lagu-lagu pop Indonesia menjadi bernuansa dangdut.

"Waktu di kampus ada aja ide selewat, kayaknya nge-remix lagu yang biasa didengerin jadi dangdut lucu. Karena sebelumnya pernah dengerin (lagu) pop luar negeri yang di-remix jadi dangdut. Jadi sudah ada waktu itu sebenarnya, dari situ muncul idenya tuh," cerita Ikhsan dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Hanya saja, saat itu, Ikhsan memiliki keterbatasan karena dirinya belum terlalu lihai dalam hal me-remix lagu. Ikhsan lalu mengutarakan idenya pada Tendi, teman satu kampusnya yang sudah ia kenal sejak SMA.

"Tendi lagi di taman kampus, gue nggak sengaja ada si Tendi, ide sudah ada di kepala. Basa-basi gitu lah. 'Ini urang ada kepikiran bikin kayak gini-gini' (Ikhsan pada Tendi), 'Ya sudah ntar malam dicobain deh' (Tendi pada Ikhsan), malamnya langsung dibikin, sesuai sama keinginan," kenang Ikhsan.

You milik Ten2Five adalah lagu pertama yang digarap Tendi dan didaur ulang menjadi bernuansa dangdut. Mendengar hasilnya, Ikhsan pun merasa ide yang ada di kepalanya dapat diterjemahkan dengan Tendi.

Kebetulan, datang tawaran pada Ikhsan untuk tampil di sebuah pesta Halloween bertajuk Pesta Rakyat. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, ia pun mengiyakan. Tendi pun langsung menyiapkan tujuh lagu untuk tampil dalam durasi kurang dari satu jam.

"Tendi di situ belum kayak sekarang, Tendi masih di dapur saja, gue doang yang main. Tendi sebagai teknisi iya, guru iya, mau pindah antara lagu A ke lagu B gue pindah ke pinggir dulu nunggu Tendi," tutur Ikhsan mengenang.

Barulah di panggung ketiga Feel Koplo, Ikhsan berhasil membujuk Tendi untuk tampil bersamanya di atas panggung.

Pilihan lagu-lagu yang mereka bawakan pun semakin beragam. Kebanyakan, mereka memilih me-remix lagu dari musisi independen, sesuatu yang menjadi pembeda antara mereka dan kolektif disjoki maupun selekta musik lainnya.

Tendi menerangkan, "Yang semacam Feel Koplo sudah banyak, tapi yang indie belum banyak, biar anak muda ya, jadi lagu indie yang kami dengerin jaman dulu, kayak Closehead, Rocket Rockers, kami remix gitu."

Feel Koplo pun mengisahkan banyak tentang perjalanan kariernya pada detikcom. Nantikan artikel lainnya tentang mereka dan dengarkan podcast-nya di sini:



Simak Video "Asik! A Culture A 6 ala Feel Koplo"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)