Main Stage

Mahen Buka-bukaan soal Banyak Nyanyikan Lagu Patah Hati

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 15 Jun 2021 15:27 WIB
Jakarta -

Mahen belum lama ini mengeluarkan album berjudul Sebuah Cerita. Di dalamnya terdapat 10 lagu yang juga terdiri dari sejumlah karya yang pernah dirilisnya sebagai single.

Dalam albumnya, ada beberapa lagu yang bertemakan patah hati. Terlebih, single pertama dari pria bernama asli Petrus Mahendra itu, yakni Pura-Pura Lupa juga mengisahkan pedihnya perpisahan sepasang kekasih.

Saat Mahen bertandang ke kantor detikcom, ia menjawab mengapa lagu-lagu yang dinyanyikannya banyak yang bertemakan kesedihan dan putus cinta.

Baginya, hal tersebut berhubungan dengan keinginannya untuk menjadi teman untuk para pendengar lagunya. Dia tidak ingin para penggemarnya merasa sendirian ketika bersedih, itu sebabnya, dirinya banyak menyanyikan lagu bertema demikian.

"Mereka butuh pengakuan kalau mereka lagi sedih, 'Ini lagu gue banget'. Ketika mereka lagi senang, mereka bisa bersenang-senang dengan temennya, tapi ketika mereka lagi sedih kan dengerin lagu," ujar Mahen.

"Makanya kenapa lagu gue (banyak tentang patah hati), ingin menemani lo kalau lagi sedih. Terus pas bisa nyanyi bareng, kita sama2 sedih lho, tapi kita bisa kok step forward melalui ini bersama-sama," sambungnya.

Selain itu, Mahen mengaku memiliki alasan lain. Dirinya besar dengan lagu-lagu pop dari band Indonesia di era awal 2000-an. Hal itu sedikit banyak mempengaruhinya saat bermusik.

Tidak hanya itu, Mahen juga merasa lebih mudah menjiwai lagu-lagu yang bertema sedih saat bernyanyi. Menurutnya, lagu-lagu dengan tema putus cinta lebih mudah ia dalami ketimbang yang terdengar gembira.

MahenMahen. Foto: Muhammad Ridho

"Kalau gue pribadi mungkin karena memang sebelum terjun ke dunia musik ini emang suka dengerin lagu galau-galau gitu, Kerispatih, Yovie & Nuno,Samsons, memang suka aja lagu-lagu cinta, gue kan orangnya memang melankolis. Kalau nyanyinya seneng agak nggak masuk, kalau melankolis lebih masuk," tutur dia.

Ketika ditanyai apakah ia memiliki perjalanan cinta yang sesedih lagunya, Mahen mengatakan bahwa lagunya tidak selalu berangkat dari pengalaman personalnya.

Dia tidak menampik, ia memang pernah merasakan patah hati. Namun, tidak semua lagunya bercerita tentang dirinya sendiri.

"Ada sedihnya, tapi nggak sedih-sedih amat, kalau lagu itu memang ada bumbu-bumbunya. Kisah hidup nyatanya nggak terlalu sedih-sedih amat, nggak sesedih itu," ucapnya.

Namun, Mahen mengaku tidak selamanya ia membawakan lagu balada. Ia juga memiliki lagu bertempo cepat dalam lagunya. "Gue nyaman juga dengan lagu nge-beat. Selama pop gue nyaman sih bawainnya," katanya.

(srs/doc)