Main Stage

Dam Dam Pop, Proyek Kolaborasi Bangkutaman dan Harlan Boer

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 14 Sep 2020 18:18 WIB
Band kolaborasi Harlan Boer dan Bangkutaman saat berkunjung ke kantor detikcom.
Dam Dam Pop. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Kolaborasi antara Bangkutaman dan Harlan Boer melahirkan sebuah unit musik pop alternatif bernama Dam Dam Pop. Mereka mengeluarkan album dengan tajuk sama yang berisikan tujuh lagu.

Awalnya, grup itu terbentuk atas ide Harlan Boer yang ingin mengeluarkan sesuatu yang berbeda untuk memeriahkan gelaran Cassette Store Day pada 2019. Harlan kemudian mengajak Bangkutaman hingga terbentuk lah Dam Dam Pop.

"Awalnya mau acara Cassette Store Day 2019, ingin bikin rilisan tapi maunya kolaborasi. Kolaborasi yang paling cepat, paling gampang ya sama Bangkutaman. Bangkutaman-nya mau, keterusan sampai sekarang," terang Harlan Boer pada detikcom dalam sebuah sesi wawancara, baru-baru ini.

Setelah sepakat untuk berkolaborasi, mereka bertemu di studio untuk membuat materi dan melakukan jamming bersama. Rupanya baik Bangkutaman maupun Harlan Boer tidak menemui kesulitan untuk langsung saling berbaur dan mencocokkan musik satu sama lain.

"Sebenarnya kalau dari musik, kalau dicari-cari akar musiknya sama. Jadi kami jamming di studio, dia (Harlan Boer) bikin riff, saya nimpal-nimpalin segala macem, ternyata bahasanya sama. Ternyata nyambung jadi ya sudah," ujar Wahyu Acum dari Bangkutaman.

Band kolaborasi Harlan Boer dan Bangkutaman saat berkunjung ke kantor detikcom.Dam Dam Pop, band kolaborasi Harlan Boer dan Bangkutaman saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

"Padahal Bangkutaman sendiri beda sama Bin (panggilan Harlan Boer), Bin lebih akustik, kami lebih elektrik. Kalau ditemui bareng ternyata satu frekuensi, masih sama," tambah dia.

Nama Dam Dam Pop dipilih dari judul dan bagian lirik dari sebuah lagu yang terdapat dalam album mereka.

"Jadi kami jamming, pas jamming bikin lagu, terus dikiash lirik ada dam dampop, ya sudah nama bandnya Dam Dam Pop saja lah. Bersenang-senang saja," cerita Harlan Boer.

Lagu-lagu dalam album Dam Dam Pop direkam di Palm House dengan Pandji Dharma sebagai teknisi suara. Musik dari Dam Dam Pop dipengaruhi oleh musik pop di era 1970-an hingga 1990-an.



Simak Video "Harlan Boer dan Bangkutaman Lahirkan Dam Dam Pop!"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)