Bangkutaman Menyoal Keterasingan dalam Dinamika

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 09 Sep 2020 11:36 WIB
Bangkutaman
Foto: Dok. Bangkutaman
Jakarta -

Bangkutaman mengeluarkan single barunya yang berjudul Dinamika. Single itu merupakan lagu instrumental berdurasi lima menit. Sepanjang lagu, mereka mencoba menyuguhkan bebunyian dengan nuansa jazz dan sikedelik yang kental.

Menurut vokalis dan gitaris dari Bangkutaman, Wahyu Nugroho atau Acum, proses pembuatan lagu Dinamika cenderung spontan. Lagu itu tiba-tiba tercipta dari sebuah sesi jamming.

"Semua mengalir, tidak direncanakan, kami rasanya seperti diarahkan oleh musik," ungkap dia dalam keterangan yang diterima detikcom.

Dinamika berbicara mengenai rasa keterasingan sekaligus keinginan untuk mengasingkan diri dari dunia modern yang berjalan begitu cepat.

Oleh karena itu, band yang terbentuk sejak 1999 itu mengajak serta Denisa Rahma untuk menggarap artwork dari single tersebut.

"Single artwork Dinamika menggarap konsep mengasingkan diri dari digitalisme di era modern. Visualisasi dibuat dengan menggabungkan sosok humanoid dan unsur-unsur flora dan fauna melalui fotografi dan ilustrasi," tutur Denisa.

Denisa juga sengaja menambahkan warna-warna yang cenderung cerah dan terasa hangat. Melalui warna itu, ia ingin bercerita tentang individu yang merasa konsumerisme dan teknologi membuatnya seperti mesin sehingga ia merasa perlu untuk kembali ke alam.

Dalam penggarapan Dinamika, Bangkutaman dibantu oleh sejumlah musisi, yakni Adra Karim untuk piano dan Agustinus Panji Madika yang mengisi flute. Sedangkan mereka mempercayakan Dharmo Sudirman sebagai penata musik dan Pandji Dharma sebagai produser.

Lagu itu direkam dua kali pada 2019, yakni pada 12 hingga 16 Mei 2019 dan Desember 2019.

Melengkapi rilisnya Dinamika, Bangkutaman juga akan mengeluarkan rilisan fisik dalam format kaset yang berisikan single Dinamika dan lagu b-side.

Nantinya, Dinamika akan menjadi single pembuka dari album ketiga Bangkutaman setelah mereka sebelumnya merilis Love Among Ruins (2013) dan Ode Buat Kota (2010).

Selain mengeluarkan lagunya, Bangkutaman juga sekaligus merilis video klip dari Dinamika. Video klip itu digarap oleh sutradara Alif Maulana atau Azetan.

Bagi kalian yang ingin menonton, Bangkutaman merilis video klip tersebut secara eksklusif di detikcom.

Sakiskan video klip Dinamika dari Bangkutaman di sini:



Simak Video "Fresh! Video Klip Terbaru Bangkutaman 'Dinamika'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)