MAIN-STAGE

Perjalanan The Changcuters Mencari Rasa

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 10 Agu 2020 13:04 WIB
The Changcuters
The Changcuters merilis single terbarunya bertajuk Cari Rasa / Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

The Changcuters belum lama ini mengeluarkan single bertajuk Cari Rasa. Lagu itu merupakan bagian dari album Loyalis yang rencananya akan rilis di tahun ini.

Dalam lagunya, band asal Bandung yang beranggotakan Tria (vokal), Qibil (gitar), Alda (gitar), Dipa (bas) dan Erick (drum) itu mengisahkan perjalanan pencarian rasa yang pasti dialami oleh semua manusia.

"Sebenarnya, lagu ini kalau secara globalnya, hidup ini adalah pencarian, kita selalu mencari, dari mulai dari lahir cari nama, sudah besar cari sekolah, cari ilmu, sampai akhirnya cari pekerjaan, cari pasangan," ungkap Tria dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

"Dan ujung-ujungnya masalah pencarian itu ya cari rasa, jadi kita mencari rasa yang paling tepat untuk diri kita," sambung Tria lagi.

Meski menyoal tentang pencarian rasa yang merupakan bagian dari perjalanan hidup manusia, namun para personel The Changcuters mengaku membebaskan para pendengarnya untuk mengintepretasikan lagu tersebut sesuai dengan apa yang mereka tangkap.

Proses penggarapan lagu Cari Rasa bersama dengan sejumlah lagu lainnya yang akan tertuang dalam album sebenarnya telah rampung sejak akhir tahun lalu.

Akan tetapi lagu Cari Rasa baru dikeluarkan di pertengahan tahun ini disebabkan oleh masuknya pandemi virus Corona ke Indonesia yang dimulai sejak Maret 2020 lalu.

"Jadi sebetulnya seluruh materi dari album yang baru ini sudah selesai dari akhir Desember. Tinggal go lah, cuman karena ada yang di luar ekspektasi ini (masa pandemi), jadi apa yang kami susun harus bergeser, disusun kembalilah," jelas Dipa.

Menyusul rilisnya Cari Rasa sebagai single, The Changcuters juga mengeluarkan video musik dari lagu tersebut. Video klip dari lagu itu digarap oleh Tria bersama dengan Ridwan Mets yang merupakan kerabat dekat sekaligus bagian dari tim The Changcuters.

"Ini salah satu karya yang dihasilkan di masa pandemi. Salah satu team kami ada yang sedang belajar 3D animation. Pas saya lihat secara produksi baguslah, ini benar-benar di luar ekspektasi kami sebagai yang sudah dekat sama dia," kata Tria.

Memperkuat isi dari lagunya, video klip Cara Rasa menampilkan berbagai lirik lagu dalam bagian bahan yang ada dalam kemasan produk.

"Konsepnya jadi sang videografer ini ngumpulin kemasan produk, yang mana di semua kemasan produk ada ingredients-nya, ingredients yang menciptakan sebuah rasa dari kemasan tersebut, ingredients-nya diganti sama lirik lagu Cari Rasa," terang Erick.



Simak Video "The Changcuters 'Cari Rasa' di Akhir Album Triloginya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)