Awet! 5 Band Indonesia Ini Tak Pernah Ganti Personel

Dicky Ardian - detikHot
Senin, 15 Okt 2018 17:02 WIB
Jakarta - Berkarya dalam satu band bukan hal mudah. Banyak kepala sering menimbulkan bentrok ide, bahkan berujung bubar.

Namun 5 band Indonesia ini patut dicontoh. Mereka awet dengan para personel aslinya. Siapa saja?

1. Mocca

Awet! 5 Band Indonesia Ini Tak Pernah Ganti PersonelFoto: dok. Mocca
Sejak 1997, Mocca sudah mengalunkan musiknya yang merdu. Sejak saat itu dan hingga saat ini, personel band asal Bandung itu masih sama, yaitu Ariana Ephipania, Riko Prayitno, Achmad Pratama dan Indra Massad.

Sejak awal, Mocca selalu konsisten dengan warna musik mereka yang khas. Dari dapur lirik, Mocca terkenal sebagai band yang memiliki pemilihan lirik yang unik.

2. The Rain

Awet! 5 Band Indonesia Ini Tak Pernah Ganti PersonelFoto: Asep Syaifullah
Bersama dalam jangka waktu lama di bawah payung sebuah band merupakan hal yang tidak mudah. Hal itu pun disadari The Rain yang sebentar lagi merayakan usia 17 tahunnya.

Sejak awal terbentuk di tahun 2001, personel band asal Yogyakarta itu memang tidak berubah. The Rain masih digawangi Indra, Iwan, Ipul dan Aang.

The Rain selalu punya cara menarik untuk menggaet pendengarnya. Belakangan, mereka lebih menyuguhkan lirik-lirik jenaka.

3. Shaggydog

Awet! 5 Band Indonesia Ini Tak Pernah Ganti PersonelFoto: Website Shaggydog Jogja
Masih dari Yogyakarta, Shaggydog hadir sejak 1997. Musik reggae/ska konsisten dibawakan oleh Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo.

Hingga kini, Shaggydog masih konsisten bermusik. Meski beberapa personelnya juga punya proyek musik di luar Shaggydog tetap awet berjalan berenam.

4. Superman Is Dead

[Gambas:Youtube]



Sejak 1994, tiga pria asal Bali, Bobby Kool, Eka Rock, dan Jerinx terus bermusik bersama di bawah payung Superman Is Dead. Sejak saat itu juga mereka konsisten menyuarakan perlawanan atas semua penindasan.

5. The Changcuters

Awet! 5 Band Indonesia Ini Tak Pernah Ganti PersonelFoto: Asep Syaifullah/detikHOT
Lahir di awal 2000-an, The Changcuters juga jadi band yang awet membina keharmonisan personelnya. Tria, Iqbal, Qibil, Alda, dan Dipa hingga kini masih setia bermusik bersama.

Beberapa tahun belakangan, band yang identik dengan gaya personel yang flamboyan itu sempat vakum. Namun kini mereka seakan bangun dari mati surinya dan terus menyapa para Changcut Rangers.




Tonton juga 'Aksi Band Metal Solo Manggung di Jerman Pakai Batik dan Gamelan':

[Gambas:Video 20detik]

(dar/ken)