ADVERTISEMENT

Fans BTS Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Capai Rp 400 Juta

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Selasa, 04 Okt 2022 17:03 WIB
Jakarta -

Indonesia tengah berduka setelah ratusan orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan. Insiden tersebut terjadi setelah pertandingan Arema FC melawan Persebaya pada Sabtu (1/10) yang digelar di Stadion Kanjuruhan.

Di antara banyaknya penggalangan dana yang dibuat untuk korban tragedi Kanjuruhan, fans K-Pop pun ikut berpartisipasi. Salah satunya adalah fans BTS, ARMY Indonesia, yang melakukan penggalangan dana di kitabisa.com.

Penggalangan dana tersebut dibuat oleh akun BTS ARMY Project Lombok. Dana yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada keluarga korban yang terdampak.

"Bantuan dari ARMY dan #OrangBaik akan kami salurkan untuk santunan bagi keluarga korban terdampak, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkannya," tulis pihak BTS ARMY Project Lombok.

"Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang," pungkasnya.

Fans menargetkan donasi sebesar Rp 400 juta. Dan hanya dalam waktu 3 hari setelah donasi dibuka, saat ini dana sudah terkumpul melebihi target.

Penggalangan dana tersebut tentunya mendapatkan perhatian dari fans sepakbola di Indonesia. Di akun sosial media, banyak yang memberikan komentar positif kepada aksi tersebut.

"Makasi ya army, semoga bts dapet grammy banyak billboard papan atas terus, banyak keluarin album mas jungkook dan temen2 nya," tulis salah satu netizen.

"Tentara yang tidak memukul respect," tambah netizen lain.

"Gua yakin mereka gk tau secara pasti kronologi dan akar masalah kejadian tapi sekali lagi kemanusiaan diatas segalanya. Terima Kasih, Big Respect! Semoga hal baik menghampiri kalian semua," ujar netizen lain.

Lebih lanjut mengenai donasi ini, akun Twitter ARMY Help Center Indonesia (@BTS_AHC_IDN) menjelaskan telah bekerja sama dengan koordinator wilayah dan relawan Arema untuk pendataan penerima donasi. Nantinya, pihak ARMY langsung yang akan menyalurkan donasi tersebut.

Ini bukan kali pertama akun BTS ARMY Project Lombok di kitabisa.com melakukan penggalangan dana. Sebelumnya, mereka melakukan penggalangan dana untuk transplantasi terumbu karang dalam rangka ulang tahun BTS yang ke-9 juga konservasi penyu untuk merayakan ulang tahun RM dan Jungkook.

(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT