BLACKPINK Jadi Girlband K-Pop Pertama Rajai Billboard 200

ADVERTISEMENT

BLACKPINK Jadi Girlband K-Pop Pertama Rajai Billboard 200

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Senin, 26 Sep 2022 13:48 WIB
Blackpink, from left, Lisa, Jisoo, Jennie, and Rosé arrive at the MTV Video Music Awards at the Prudential Center on Sunday, Aug. 28, 2022, in Newark, N.J. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)
Foto: Evan Agostini/Invision/AP/Evan Agostini
Jakarta -

BLACKPINK belum lama ini comeback dengan merilis album bertajuk BORN PINK. Prestasi demi prestasi dicetak oleh Jennie Cs usai perilisan.

Kini, secara resmi Billboard mengumumkan album BORN PINK berhasil menempati posisi pertama di chart Billboard 200. Chart tersebut merupakan daftar ranking album yang paling populer di Amerika Serikat.

Lewat ranking tersebut, BLACKPINK menjadi artis K-Pop perempuan pertama yang merajai chart Billboard 200. Mereka juga menjadi girlband pertama dunia yang menempati posisi pertama sejak 2008 yang kala itu ditempati oleh Danity Kane lewat Welcome to the Dollhouse.

Berdasarkan data dari Luminate, BORN PINK mencetak angka 102 ribu penjualan setara album selama sepekan hingga 22 September 2022. Skor total album tersebut terdiri dari penjualan album fisik sebanyak 75 ribu dan 25 ribu streaming.

Rekor ini juga mengalahkan rekor BLACKPINK sendiri di chart Billboard 200. Sebelumnya, THE ALBUM, album perdana mereka yang dirilis pada 2020, berhasil menempati posisi kedua Billboard 200.

Selamat, BLACKPINK!

Sebelumnya, BLACKPINK juga memecahkan rekor penjualan album selama sepekan di Korea Selatan. Secara resmi Hanteo Chart mengungkap angka penjualan album BORN PINK yang mencapai angka penjualan 1,5 juta hanya dalam waktu sepekan (antara 16 hingga 22 September 2022).

BLACKPINK tak hanya mengalahkan rekor mereka sendiri sebelumnya, lewat album THE ALBUM yang terjual 680 ribu copy di pekan pertama. Mereka juga mengalahkan rekor yang dicapai aespa yang berhasil menjual album Girls sebanyak 1,1 juta copy dalam sepekan.

Sementara itu, BLACKPINK tak hanya comeback dengan merilis album BORN PINK. Di waktu yang bersamaan, mereka juga merilis MV untuk lagu Shut Down.

Berbeda dengan rilisan sebelumnya yaitu Pink Venom, Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa membawa kombinasi unik antara musik klasik dengan hip hop.



Simak Video "Puncaki Billboard 200, BLACKPINK: Thank You, Blinks!"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT