ADVERTISEMENT

Polisi Selidiki KBS soal Dugaan Manipulasi Skor Music Bank LE SSERAFIM

Tim detikcom - detikHot
Senin, 30 Mei 2022 13:03 WIB
LE SSERAFIM
LE SSERAFIM. Foto: (dok. Twitter/@le_sserafim)
Jakarta -

Pihak kepolisian Korea Selatan mengkonfirmasi telah melakukan penyelidikan terhadap dugaan manipulasi skor Music Bank. Dalam siaran awal bulan Mei 2022, di salah satu episode Music Bank, LE SSERAFIM dinyatakan menang yang berbuntut pada kekalahan Lim Young Woong.

Music Bank menjadi kontroversi usai memberikan Lim Young Woong poin 0 untuk skor siarannya di episode ke-13. Ia menjadi kandidat juara satu lewat lagu If We Ever Meet Again bersama Fearless milik LE SSERAFIM.

Untuk memutuskan pemenang dalam acara musik, skor dari sejumlah kategori digabungkan dan yang tertinggi dinyatakan sebagai pemenang. Skor digital dan penjualan album Lim Young Woong diketahui jauh melampaui LE SSERAFIM. Namun, LE SSERAFIM dinyatakan sebagai pemenang karena skor siaran yang menunjukkan jarak besar.

Ranking Music Bank diketahui ditentukan oleh 60 persen skor digital, 20 persen skor siaran, 10 persen survei panel, 5 persen penjualan album, dan 5 persen skor media sosial. Skor yang didapat oleh Lim Young Woong kemudian membuat fanclub sang musisi menuntut KBS untuk menjelaskan insiden yang terjadi.

Awalnya, Music Bank menanggapi keluhan tersebut dengan menjelaskan If We Ever Meet Again menerima skor 0 poin untuk siaran karena tidak diputar di program TV, radio, atau konten digital KBS manapun selama 2 hingga 8 Mei 2022. Namun, Dispatch kemudian menerbitkan laporan yang menunjukkan If We Ever Meet Again milik Lim Young Woong pada kenyataannya diputar beberapa kali di stasiun radio KBS selama pekan yang disebutkan.

Mengenai laporan yang dirilis Dispatch, Music Bank pun kembali merilis pernyataan.

"Skor siaran radio dihitung hanya lewat tujuh program radio KBS Cool FM. Selain tujuh program tersebut, program KBS radio lain bukan faktor penentu skor," jelas Music Bank.

Walaupun begitu, publik tetap ramai mencurigai adanya manipulasi skor. Bahkan, mereka sampai melapor kepada Komisi Anti-Korupsi dan Hak Sipil Korea Selatan karena Music Bank diduga memanipulasi skor siaran Lim Young Woong.

Pada 29 Mei 2022, pihak kepolisian mengkonfirmasi Kantor Polisi Yeongdeungpo di Seoul telah menerima pengaduan. Mereka mulai menyelidiki kasus tersebut.

"Karena tudingan itu belum dikonfirmasi, saat ini kami berusaha menyelidiki dengan berbicara kepada pelapor dan lain-lain. Jika tuduhan manipulasi terbukti benar, kami akan beralih ke penyelidikan dalam skala penuh," tegasnya.



Simak Video "Polisi Selidiki Kontroversi Kemenangan LE SSERAFIM di 'Music Bank'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT