ADVERTISEMENT

K-Pop Recap 2021: Fenomena BTS, Squid Game, hingga Kasus Bullying

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 23 Des 2021 14:31 WIB
Squid Game
Foto: (dok. Netflix)
Jakarta -

Tahun 2021 masih menjadi tahun yang besar bagi dunia hiburan Korea Selatan. Walaupun pandemi COVID-19 masih melanda seluruh dunia, namun sama sekali tidak menghentikan kesuksesan Korea Selatan dalam membawa Korean Wave ke seluruh dunia.

1. Musik K-Pop Dominasi Billboard

Tahun 2021 dimulai dengan bermacam rekor yang dipecahkan oleh BTS lewat chart Billboard. Untuk pertama kalinya, musisi K-Pop tidak hanya menempati posisi pertama Billboard Hot 100 dalam satu pekan, tetapi untuk semua lagu yang dirilis dalam waktu yang berdekatan selama berturut-turut.

Sebut saja Dynamite, Butter, hingga Permission to Dance. BTS berhasil mengalahkan para musisi papan atas seperti Drake hingga Olivia Rodrigo.

Jangan lupakan artis-artis K-Pop lain seperti TWICE, BLACKPINK, NCT, hingga SEVENTEEN yang mulai mencuri perhatian di Billboard Hot 200. Chart Billboard benar-benar dikuasai oleh K-Pop di tahun 2021.

2. Manajemen K-Pop Mulai Rambah Amerika Serikat

Diterimanya musik K-Pop secara global membuat sejumlah manajemen K-Pop berambisi menguasai pasar Amerika Serikat. SM Entertainment beberapa waktu lalu mengumumkan rencananya untuk menggelar audisi dan mendebutkan boyband di Amerika Serikat.

Tak hanya itu, SM Entertainment juga tengah mempersiapkan proyek besar untuk aespa. Mereka bekerja sama dengan salah satu rumah produksi untuk membuat film Hollywood. Belum lagi soal kerja sama mereka dengan Marvel.

Ide tersebut tak hanya akan dilakukan oleh SM Entertainment. HYBE, sebagai rumah BTS hingga SEVENTEEN, berencana mendebutkan grup di Amerika Serikat. HYBE America berencana mendebutkan girl group dan bekerja sama dengan Geffen Records di bawah Universal Music Group (UMG) untuk menemukan artis global perempuan terbaik.

LOS ANGELES, CALIFORNIA - NOVEMBER 21: (L-R) Jimin, J-Hope, Jin, Jungkook, RM, Suga, and V of BTS perform onstage during the 2021 American Music Awards at Microsoft Theater on November 21, 2021 in Los Angeles, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images for MRC)LOS ANGELES, CALIFORNIA - NOVEMBER 21: (L-R) Jimin, J-Hope, Jin, Jungkook, RM, Suga, and V of BTS perform onstage during the 2021 American Music Awards at Microsoft Theater on November 21, 2021 in Los Angeles, California. (Photo by Kevin Winter/Getty Images for MRC) Foto: Getty Images for MRC/Kevin Winter

3. Pandemi Tak Jadi Penghalang

Pandemi mungkin berpengaruh besar di segala bidang. Salah satunya di dunia hiburan, sejumlah musisi dan aktor dunia mengaku ikut terdampak.

Namun berbeda dengan industri hiburan Korea Selatan. Pandemi justru membuat membuka berbagai ide kreatif baru dalam dunia hiburan, salah satunya konser virtual.

Hal ini mendapatkan dukungan dari pemerintah Korea Selatan yang dibuktikan dengan peluncuran KOCCA Music Studio, yang merupakan music hall. Keberadaan gedung tersebut diperuntukkan bagi label K-Pop minor atau musisi indie yang tak punya lokasi untuk menggelar konser secara virtual.

Di dalamnya tidak akan ditemukan tempat duduk penonton. Namun, segala perlengkapan seperti internet, efek, hingga teknologi lain yang dibutuhkan untuk menggelar konser virtual sudah dipersiapkan di sana.

4. Fenomena Squid Game

Bukan hanya dunia musik, publik dunia ikut heboh ketika drama Korea Squid Game dirilis oleh Netflix di 2021. Hanya dalam waktu beberapa hari setelah ditayangkan, Squid Game menjadi serial Netflix dengan penonton terbanyak, bahkan mengalahkan serial populer lain seperti Money Heist.

Serial ini mengangkat cerita tentang 436 kontestan yang berkompetisi untuk mendapatkan hadiah uang sejumlah 45,6 miliar Won. Dengan syarat, mereka harus mengikuti sejumlah permainan tradisional anak-anak di Korea Selatan dengan nyawa sebagai taruhannya.

Tak lama setelah ditayangkan, semua permainan yang muncul di Squid Game pun ditiru oleh publik dunia. Tak hanya di YouTube, orang-orang mulai mengikuti permainan tersebut. Bahkan mungkin anak-anak tetangga di rumah kalian juga ikut memainkan Red Light-Green Light.

5. Kabar Pernikahan hingga Kehamilan

Kabar bahagia lain dari dunia hiburan Korea Selatan di 2021 adalah sejumlah artis yang mengumumkan pernikahan. Bobby iKON hingga Chansung 2PM mengumumkan pernikahan dengan sang kekasih yang telah mengandung.

Ada juga Yoon Kye Sang, Jisoo eks TAHITI, hingga NS Yoon-G yang telah resmi menikah. Kabar ini tentu saja mendapat reaksi beragam dari netizen.

Squid GameSquid Game Foto: (dok. Netflix)

6. Skandal Pacaran

Walaupun penuh dengan kabar baik, tetapi dunia hiburan Korea Selatan juga dipenuhi dengan berbagai macam skandal di 2021. Di tahun ini, banyak kabar artis dan idol yang diduga menjalin asmara.

V BTS dikabarkan menjalin asmara dengan anak dari ketua Paradise Group, Choi Yoon Jung. Rumor tersebut muncul gegara keduanya kepergok menghadiri pameran bersama. Namun, kabar tersebut langsung dibantah oleh HYBE.

Jisoo BLACKPINK juga dirumorkan menjalin asmara dengan Son Heung Min. Ada lagi Hyunjin Stray Kids yang disebut pacaran dengan Karina aespa. Namun semua kabar itu langsung dibantah oleh manajemen para artis.

7. Bubarnya Grup K-Pop

2021 juga menjadi akhir dari karier sejumlah grup K-Pop. Berbagai alasan menjadi penyebab grup-grup tersebut memilih berpisah dengan manajemen.

Sebut saja HOTSHOT yang bubar setelah 6 tahun debut karena kesibukan masing-masing member. Begitu juga IZ*ONE, Lovelyz, hingga GFRIEND yang telah mengakhiri kontrak dengan manajemen.

Terakhir ada SOLIA, yang menjadi girlband dengan waktu bubar yang paling cepat, yaitu 5 hari setelah debut. Dibubarkannya grup ini lantaran agensi yang tengah bermasalah dengan finansial mereka yang menyebabkan SOLIA tidak bisa melanjutkan kariernya. Melalui akun Instagram pribadi masing-masing, para member mengucapkan rasa terima kasih kepada penggemar untuk masa debut yang sangat singkat.

Lucas WayVLucas WayV Foto: dok. Instagram @lucas_xx444

8. Skandal yang Jatuhkan Karier Idol K-Pop

2021, sejumlah idol K-Pop juga harus berurusan dengan pihak berwajib. Ilhoon eks BTOB terjerat skandal narkoba dan beberapa kali menjalani sidang. Terakhir, ia divonis menjalani 3 tahun masa percobaan.

Ada juga Lucas WayV yang disebut melakukan ghosting pada seorang perempuan yang mengaku sebagai mantan kekasih. Perempuan tersebut mengaku membiayai kehidupan Lucas hingga seorang netizen lain mengaku berpacaran dengan dirinya dan seorang perempuan Korea di waktu bersamaan. Hal ini membuat Lucas harus menghentikan segala aktivitasnya di dunia hiburan.

Terakhir ada mantan member EXO, Kris Wu, yang dituding melakukan pelecehan seksual pada gadis di bawah umur. Kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian China. Ia kini resmi ditahan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan nama Kris Wu di dunia maya dilenyapkan oleh pemerintah China.

9. Skandal Para Aktor

Bukan hanya idola K-Pop saja yang terkena skandal. Sejumlah artis papan atas Korea Selatan harus merelakan karier cemerlang mereka gegara skandal yang menghebohkan publik.

Aktor Kim Jung Hyun pernah menjadi pembicaraan pada 2018 ketika bersikap kasar terhadap Seohyun SNSD saat konferensi pers drama Korea Time. Kabar tersebut mencuat kembali ketika terungkap sikap tersebut dikarenakan permintaan sang kekasih, yang kala itu adalah Seo Yea Ji. Keduanya pun meminta maaf dan hingga kini masih belum kembali berakting.

Aktor Kim Min Gwi dituding berselingkuh, bersikap kasar, dan melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi. Ia meminta maaf dan mengaku telah berselingkuh, tapi membantah telah melanggar protokol kesehatan.

Kim Seon Ho juga tengah berada di puncak popularitas ketika dituding memaksa aborsi sang kekasih. Setelah merilis permintaan maaf, ia pun mundur dari sejumlah proyek film hingga variety show.

10. Skandal Bullying

Salah satu skandal besar di dunia hiburan Korea Selatan di 2021 adalah skandal bullying. Sejumlah nama aktor dan idola K-Pop dituding melakukan perundungan.

Sebut saja aktor Jisoo, Naeun APRIL, aktris Park Hye Soo, hingga Soojin (G)-IDLE. Mereka dituding melakukan perundungan kepada teman sekolah hingga rekan sesama grup yang mencoreng karier mereka di dunia hiburan.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT