Super Junior D&E Rayakan 10 Tahun Debut dengan Kembali ke Zero

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 15:45 WIB
Jakarta -

Super Junior D&E akan merilis album penuh berjudul Countdown hari ini, Selasa (2/11) pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, mereka menggelar jumpa pers dan mengungkap proses dibalik pembuatan album ini.

Nantinya, album ini akan dirilis dalam 3 versi berbeda, yaitu Countdown, California Love, dan be. Lagu solo dari Donghae dan Eunhyuk yang sudah terlebih dahulu dirilis sebelumnya juga akan masuk dalam album tersebut.

Menurut Eunhyuk, album Countdown merupakan cara Super Junior D&E merayakan 10 tahun debut mereka. Album ini juga menunjukkan permulaan baru bagi Donghae dan Eunhyuk, yang ditunjukkan melalui lagu utama mereka, Zero.

"Saat kita menghitung mundur, angka nol adalah permulaan. Kita selalu menghitung mundur dari sepuluh ke nol. Kami membandingkan saat menghitung mundur dari 10 seperti 10 tahun karier kami berdua," ungkap Eunhyuk.

Super Junior D&ESuper Junior D&E Foto: (dok. SM Entertainment)

"Menghitung dari sepuluh ke nol merepresentasikan kami berdua yang mulai lagi dari awal. Itulah kenapa lagu utama di album ini juga berjudul Zero," lanjutnya.

Donghae turun tangan dalam menciptakan lagu Zero. Ia menjelaskan pesan yang ingin dibawa lewat lagu ini.

"Zero adalah sebuah lagu hip-hop elektrik dengan repetisi kata 'zero' yang catchy, yang bakal terus terngiang-ngiang di kepala kalian," jelas Donghae.

"Lirik lagu ini menggunakan kata 'zero' untuk mengangkat pesan bahwa tanpa orang yang kucintai, aku bukan apa-apa. Bagi kami, tanpa satu sama lain, D&E adalah 'zero'. Juga tanpa fans kami 'zero'. Lagu ini mengandung makna seperti itu," pungkasnya.

Ada 10 lagu yang akan dirilis di album Countdown. Selai Zero yang menjadi lagu utama, ada Beautiful Liar, Far Away, Feel that Feelin', La La La, Have a Nice Day, Muse, Share My Love, Home, dan Zero (English ver).

(dal/wes)