ADVERTISEMENT

Perjalanan Karier Lovelyz yang Berliku, Bubar Setelah 7 Tahun Debut

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 14:55 WIB
Lovelyz
Foto: dok. Woolim Entertainment
Jakarta -

Setelah hiatus lebih dari setahun, Woolim Entertainment pun mengumumkan Lovelyz resmi bubar. Melalui pernyataan resmi yang mereka rilis pada 1 November, agensi menyebut bahwa kontrak eksklusif para member akan berakhir pada 16 November 2021.

Selain itu, tujuh member memutuskan untuk mengakhiri kontrak dan hanya Baby Soul yang memperpanjang kontraknya dengan manajemen. Berikut perjalanan karier yang dibangun Lovelyz dari 2014 hingga sekarang. Yuk, simak!

1. Debut dengan Merilis Studio Album Pada 2014

Debut Lovelyz pertama kali diumumkan oleh Woolim Entertainment pada 5 November dengan merilis single pra-rilis bertajuk Good Night Like Yesterday. Seminggu kemudian, mereka mengadakan debut showcase di K-ART Hall di Olympic Park dan debut di acara musik M! Countdown di hari berikutnya.

Pada 17 November, Lovelyz merilis album studio bertajuk Girls' Invasion dengan lagu utama Candy Jelly Love. Jisoo sempat gagal debut bersama Lovelyz karena diterpa skandal.

2. Jisoo Memulai debut Bersama Lovelyz Pada 2015

Belum sempat debut di atas panggung, Jisoo sudah diterpa berbagai macam skandal mulai dari tuduhan menjadi pelaku bullying saat sekolah hingga disebut lesbian. Akan tetapi setelah diusut oleh pihak kepolisian, ternyata semua rumor itu tidak terbukti benar dan pelaku pun dijatuhi hukuman. Pada Agustus 2015, Woolim langsung mengumumkan bahwa Jisoo kembali bersama Lovelyz.

3. Sukses dengan Lagu Ah-Choo

Pada 1 Oktober 2015, Lovelyz resmi merilis mini album pertama berjudul Lovelyz8 dengan lagu utama, Ah-Choo. Lagu tersebut pun mempertahankan posisinya di sebagian besar tangga lagu musik Korea utama sepanjang 2015 dan awal 2016 dan menjadi lagu hit grup tersebut.

Berkat kesuksesan lagu tersebut, Lovelyz menerima penghargaan pertama mereka di Korea Culture & Entertainment Awards ke-23 untuk kategori K-pop Top 10 Artists.

4. Adakan Fanmeeting dan Konser Mini Pertama

Setelah satu tahun lebih debut, Lovelyz pun mengadakan fanmeeting dan konser mini pertama mereka bertajuk Lovely Day pada Desember 2015. Bahkan, tiketnya terjual habis dalam lima menit pertama setelah resmi dijual.

Pada tanggal 7 Desember, Lovelyz merilis album single berisi tiga lagu berjudul Lovelinus yang diambil dari nama klub penggemar resmi mereka. Mereka juga merilis video musik untuk singel utama album, For You pada hari yang sama.

5. Girlband Pertama yang Rilis Album Instrumental

Lovelyz merilis album kompilasi pertama mereka bertajuk Muse on Music pada 11 September. Album ini berisi versi instrumental dari 33 lagu yang dipilih dari delapan rekaman yang dirilis.

Ini juga pertama kalinya girl grup K-pop merilis album semacam itu.

6. Terakhir Comeback Pada 2020

Sebelum resmi bubar, Lovelyz terakhir melangsungkan comeback pada September 2020 dengan merilis mini album, Unforgettable dengan lagu utama, Obliviate. Lagu ini pun meraih piala kemenangan di acara musik SBS MTV The Show pada 8 September.

Setelah itu, para member pun lebih sering terlihat melakukan kegiatan individu.

7. Resmi Bubar

Di saat penggemar menantikan comeback terbaru Lovelyz, mereka justru dibuat terkejut dengan pengumuman bahwa grup tersebut akan bubar. Hal ini disampaikan oleh pihak Woolim Entertainment melalui pernyataan resmi yang dirilis pada 1 November 2021.

Agensi menyebut bahwa kontrak eksklusif para member dengan mereka akan berakhir pada 16 November. Selain itu, tujuh dari delapan member memutuskan untuk mengakhiri kontrak dan hanya Baby Soul yang memperbaharui kontraknya.



Simak Video "7 dari 8 Member Lovelyz Putuskan Keluar dari Woollim Entertainment"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT