5 Poin Penting Pidato BTS di UNGA ke-76

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Selasa, 21 Sep 2021 17:11 WIB
BTS
Foto: (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

BTS datang ke acara United Nations General Assembly (UNGA) atau Sidang Umum PBB ke-76 yang berlangsung pada 20 September. Grup asal Korea Selatan tersebut menyampaikan pidato dan menampilkan lagu mereka di Markas Besar PBB di New York City, Amerika Serikat.

Ketujuh member pun naik ke atas panggung sekaligus berpidato secara bergantian. Berbicara tentang pemuda dalam era COVID-19, berikut beberapa poin dari pidato BTS yang sarat akan makna. Yuk, simak!

1. Generasi Muda yang Berjuang Melawan Era Pandemi

Di awal, RM membuka pidato dengan menyebutkan tema pembicaraan mereka yaitu tentang pandangan generasi muda yang berjuang melewati era pandemi selama dua tahun terakhir dan hal yang mereka temukan saat ini. Jin pun melanjutkan pidato dengan menggambarkan perasaan generasi muda yang hidup di era COVID-19 ini.

"Ada saat-saat selama dua tahun terakhir ketika saya juga merasa bingung dan bermasalah. Akan tetapi, kami memiliki generasi yang berteriak, 'Ayo hidup, mari manfaatkan momen ini sebaik-baiknya!'" kata Jin.

"Daripada menyebut generasi Corona ini sebagai 'generasi yang hilang', istilah 'generasi yang terselamatkan' lebih cocok. kita akan menjadi generasi yang menyambut perubahan," ungkapnya.

2. Hadapi Tantangan Baru

Suga mengatakan bahwa adanya pandemi ini membuat kita menyadari bahwa betapa berharganya berbagai momen yang dianggap remeh sebelum era ini muncul. Meskipun begitu, Jimin menyampaikan bahwa generasi masa depan harus siap menghadapi tantangan baru.

"Kita tidak bisa diam ketika berada di waktu yang ideal dalam hidup untuk menghadapi tantangan baru. Bukannya kamu bisa menyalahkan siapa pun. Kamu pasti merasakan frustrasinya, dunia berubah dalam sekejap," ujar Jimin.

3. Masalah Perubahan Iklim

Dalam pidatonya, J-Hope justru melihat sisi lain dari dampak pandemi, yaitu perubahan iklim dan lingkungan sekitar.

"Semua orang setuju bahwa perubahan iklim adalah masalah penting tapi berbicara tentang solusi terbaik mungkin, itu tidak mudah. Ini adalah topik yang sulit untuk dibuat kesimpulan," ungkap J-Hope.

4. Optimis Terhadap Masa Depan

V juga mengangkat rasa semangat para generasi muda dengan selalu optimis terhadap masa depan yang akan segera cerah.

"Saya harap kita tidak menganggap masa depan sebagai kegelapan yang suram. Kami memiliki orang-orang yang peduli dengan dunia dan mencari jawaban," kata V.

"Masih ada banyak halaman tersisa dalam cerita tentang kita, dan aku merasa kita tidak boleh berbicara seolah-olah akhirnya sudah ditulis," lanjutnya.

5. Selalu Percaya pada Harapan

RM menyampaikan bahwa kita harus selalu percaya kepada harapan untuk perubahan yang lebih baik di masa depan.

"Jika kita percaya pada kemungkinan dan harapan, bahkan ketika hal yang tidak terduga terjadi, kita tidak akan tersesat tetapi menemukan yang baru," ujar RM.

"Kami pikir dunia berhenti, tetapi terus bergerak maju. Saya percaya bahwa setiap pilihan yang kita buat adalah awal dari perubahan, bukan akhir. Saya harap di dunia baru ini kita bisa saling berkata, 'Selamat datang'," lanjutnya.



Simak Video "Bantahan HYBE soal Rumor Pacaran V BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)