Rayakan 7 Tahun Debut, Ini Perjalanan Karier WINNER yang Penuh Perjuangan

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Selasa, 17 Agu 2021 08:40 WIB
WINNER
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Selain merayakan hari kemerdekaan Indonesia, para Inner Circle (penggemar WINNER) Indonesia juga merayakan anniversary boyband idol mereka yang ke-7. Grup yang memulai debutnya pada 2014 ini menempuh dunia hiburan dengan cara yang tidak mudah.

Mulai dari harus mengikuti ajang kompetisi hingga harus kehilangan satu member pun pernah dialami oleh mereka. Berikut perjalanan karier WINNER selama 8 tahun berkarier sebagai boyband populer. Yuk, simak!

1. Mengikuti Ajang Survival Win: Who Is Next

Sebelum debut sebagai WINNER, kelima member berkompetisi di acara survival Win: Who Is Next yang diselenggarakam pada Agustus 2013. Mereka tergabung dalam Tim A dan melawan Tim B yang kini debut sebagai iKON.

Selama 100 hari, mereka melakukan tiga putaran pertunjukkan dan hasil voting yang ditentukan oleh publik. Pada Oktober, Tim A pun menjadi pemenang dan mendapatkan nama grup bernama WINNER. Mereka juga program reality show bernama WINNER TV yang menampilkan persiapan debut dan keseharian para member.

2. Resmi Debut dengan Merilis Album

Setelah mengalami beberapa penundaan, akhirnya WINNER resmi debut pada 17 Agustus 2014 dengan album bertajuk 2014 S/S dengan lagu utama Empty dan Color Ring. Baru memulai debutnya, WINNER justru mendulang berbagai prestasi, seperti grup tercepat yang menang di acara musik pada saat itu.

Album dan lagu utama pun berada di posisi teratas di berbagai tangga lagu musik Korea maupun luar negeri. Mereka pun meraih penghargaan sebagai 'Artis Baru Terbaik' di berbagai acara penghargaan bergengsi.

3. Nam Taehyun Hengkang Dari WINNER

Di saat sedang berada di puncak popularitas, Nam Taehyun memutuskan untuk hengkang dari grup yang membesarkan namanya. Awalnya, WINNER akan comeback pada Oktober 2016, tapi Taehyun mengalami masalah kesehatan mental yang akhirnya terpaksa untuk menunda merilis album baru.

Setelah sebulan, kondisi Taehyun belum membaik dan demi kebaikannya dia pun memutuskan untuk keeluar dari WINNER. YG Entertainment memastikan bahwa WINNER akan terus berpromosi dengan 4 orang dan tidak ada penambahan member baru.

4. Kembali Setelah Hiatus Lebih Dari 1 Tahun

Sempat hiatus selama 14 bulan, WINNER akhirnya comeback dengan merilis album berjudul Fate Number For dengan lagu utama Really Really dan Fool yang dirilis pada April 2017. MV Really Really diarahkan langsung oleh sutradara Dave Meyers yang sudah menyutradarai video klip artis Hollywood, seperti Billie Eilish dan Coldplay.

Lagu Really Really pun merajai berbagai tangga lagu dalam maupun luar negeri.

5. Jinwoo dan Seunghoon Berangkat Wajib Militer

Jelang perilisan album, Jinwoo menjadi anggota pertama yang menjalani wamil pada 2 April 2020 dan rencananya selesai pada 1 Januari 2022. WINNER pun hiatus sementara waktu dari kegiatan grup hingga para member kembali dari wajib militer.

Setelah Jinwoo, Seunghoon pun turut menyusul yang berangkat wamil pada 16 April 2020. Belum lama ini, Kang Seung Yoon mengobati kerinduan penggemar dengan comeback sebagai solois dengan merilis album bertajuk PAGE yang rilis pada 29 Maret 2021.



Simak Video "Alasan WINNER Putuskan Lanjut Kontrak dengan YG Entertainment"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)