Bang Chan Stray Kids Minta Maaf usai Dianggap Rasis Bawakan This is America

ADVERTISEMENT

Bang Chan Stray Kids Minta Maaf usai Dianggap Rasis Bawakan This is America

Geralda Talitha - detikHot
Rabu, 04 Agu 2021 11:50 WIB
Bang Chan Stray Kids
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Nama Bang Chan Stray Kids, tiba-tiba saja menjadi trending topic di twitter kemarin malam (03/08). Penyebabnya karena video Bang Chan yang menari dengan lagu This Is America milik Childish Gambino tersebar luas di media sosial.

Tarian Bang Chan dianggap rasis oleh netter lantaran dirinya meniru pose Jim Crow, yang dikenal sebagai simbol sistem kasta rasial.

Berikut sederet fakta terkait tarian Bang Chan Stray Kids yang dianggap rasis:

1. Berawal dari Video Tari Bang Chan

[Gambas:Youtube]

Kontroversi ini bermula saat video tari Bang Chan di masa lalu beredar di media sosial. Video ini menunjukkan Bang Chan yang menari dengan lagu This Is America milik Childish Gambino.

Namun netter menganggap bahwa tarian Bang Chan saat menirukan gerakan Jim Crow di bagian akhir adalah sesuatu yang ofensif.

2. Tentang Jim Crow

Banyak penggemar Bang Chan yang kecewa saat melihat idolanya menirukan pose Jim Crow di video tersebut. Jim Crow sendiri merupakan karakter rasis berkulit hitam yang diciptakan oleh penghibur kulit putih bernama Thomas Dartmouth pada tahun 1830-an dan 1840-an.

Setelah perang saudara, sebagian negara bagian selatan mengesahkan undang-undang yang menyangkal hak asasi manusia berkulit hitam, yang dikenal dengan undang-undang Jim Crow. Jim Crow mewakili legitimasi rasisme anti-kulit hitam dan sempat direpresentasikan sebagai sindiran dalam video musik This Is America milik Childish Gambino.

3. Kekecewaan Para Fans

Tidak sedikit fans, Khususnya para STAY (fans Stray Kids) yang kecewa melihat tarian Bang Chan yang dianggap rasis tersebut. Para fans bahkan sampai melabeli Bang Chan sebagai leader terburuk karena tindakannya yang dianggap rasis.

Mereka bahkan sampai mengungkapkan kekecewaannya di Twitter hingga membuat nama Bang Chan menjadi trending topic kemarin malam. Walaupun kecewa, masih ada sejumlah penggemar yang memaklumi perilaku Bang Chan karena menganggap dirinya tidak mengetahui kesalahan yang telah dilakukannya.

4. Permintaan Maaf Bang Chan

Sadar bahwa tariannya telah menyinggung kalangan tertentu, Bang Chan pun meminta maaf kepada para penggemarnya lewat platform Bubble atas tariannya yang kontroversial. Dalam pernyataan maafnya, Bang Chan mengatakan bahwa ia tidak ada maksud jahat untuk menyinggung kalangan tertentu.

Bang Chan juga sadar, seharusnya dirinya lebih memikirkan secara matang sebelum melakukan tarian itu. Leader Stray Kids itu juga menambahkan bahwa Stray Kids tidak mendukung rasisme dalam bentuk apapun dan dia juga mengakui kekurangan dalam dirinya. Dalam pernyataan maafnya, Bang Chan juga berterimakasih atas dukungan yang diberikan oleh para STAY.



Simak Video "Stray Kids Jadi 'Triple Million Seller' Lewat MAXIDENT"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT