Sowon GFRIEND Gabung Manajemen Jo In Sung, Intip Perjalanan Kariernya!

Geralda Talitha - detikHot
Selasa, 03 Agu 2021 14:48 WIB
Sowon GFRIEND
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Setelah memutuskan hengkang dari Source Music pada Mei 2021, satu persatu member GFRIEND mulai mendapatkan agensi baru, salah satunya Sowon. Baru-baru ini, Sowon telah resmi bergabung dengan IOK Company, yang merupakan agensi dari sederet aktor ternama Korea seperti Jo In Sung, Moon So Bin hingga Ko Hyun Jung.

Sowon akan aktif sebagai aktris dengan nama aslinya, Kim So Jung. Berikut perjalanan karier Sowon di industri musik K-Pop:

1. Sempat Jadi Trainee DSP Media

Di awal karier, Sowon sempat menjadi trainee di agensi DSP Media saat usianya 15 tahun. Dia menjadi salah satu trainee yang menjanjikan, lantaran sempat muncul dalam beberapa pemotretan DSP Media dan terlibat dalam reality show AJAX, Making The Star.

Namun, mendadak jadwal debutnya ditunda sehingga Sowon memutuskan hengkang dan pindah ke Source Music pada 2013.

2. Debut dengan GFRIEND

Setelah menjadi trainee selama satu tahun enam bulan, Sowon akhirnya debut sebagai member girlband GFRIEND dan menempati posisi sebagai leader, visual sekaligus vokal bersama Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Eumji pada 16 Januari 2015 lewat lagu Glass Bead.

Di awal kemunculannya, GFRIEND terbilang cukup sukses lantaran MV Glass Bead masuk dalam daftar video K-Pop paling banyak ditonton di seluruh dunia dan album debut mereka juga bertengger di posisi 12 di chart mingguan Gaon.

3. Host Program Kecantikan

Sowon nggak hanya memiliki bakat di dunia tarik suara. Dirinya sempat menunjukkan kemampuannya sebagai pemandu acara dengan menjadi host program kecantikan.

Sowon pernah digandeng sebagai MC untuk program kencatikan MBC Look At Me bersama dengan Kim Jae Kyung, Lizzy dan Nam Bo Ra. Nggak hanya sekali, dia kembali didapuk untuk memandu acara program kecantikan KBS yang bertajuk Trend by Me dengan Nam Bo Ra, Lizzy dan Soyou.

4. Meraih penghargaan Beauty Icon

Tidak hanya sukses berkarier dengan GFRIEND, Sowoon ternyata juga pernah meraih penghargaan Beauty Icon Award di Korea First Brand Awards 2019, yang pemenangnya ditentukan lewat survei yang dilakukan secara online dan juga melalui telepon.

5. Model Runway Seoul Fashion Week

Sowon bahkan sempat melebarkan sayapnya sebagai seorang model. Kala itu, dirinya digandeng untuk menjadi model runway D-ANTIDOTE di 2019 S/S Seoul Fashion Week.

Keterlibatannya di Seoul Fashion Week, menjadi debut Sowon berjalan di panggung Catwalk.

6. Pernah Terlibat Kontroversi

Februari 2021, perempuan kelahiran 1995 ini sempat tersandung kontroversi karena mengunggah foto bersama patung tentara yang mengenakan seragam Nazi di akun Instagram pribadinya. Unggahan itu membuat Sowoon dikritik habis-habisan oleh para penggemar K-Pop internasional.

Merasa tanggung jawab atas postingannya, Sowoon pun langsung memberikan pernyataan maaf khususnya kepada pihak-pihak yang tersinggung terhadap postingan tersebut.

7. Resmi Gabung IOK Company

Setelah sempat berstatus free agent selama kurang lebih dua bulan, Sowoon akhirnya memilih untuk bergabung dengan IOK Company. Dia akan memulai membangun karier keaktrisannya dan mengganti nama panggungnya dengan nama aslinya, Kim So Jung.



Simak Video "GFRIEND Putuskan Keluar Dari Agensi"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)