Seperti GFRIEND, 6 Grup K-Pop Ini Kompak Keluar dari Agensi Lama

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 20 Mei 2021 18:52 WIB
GFRIEND
(Foto: dok. Source Music) Sederet para grup K-pop ini tetap menunjukkan solidaritas mereka dengan secara bersama keluar dari agensi lama tapi tidak bubar.
Jakarta -

Ada tiga hal yang jadi masalah sensitif di fandom K-Pop: kontrak dengan manajemen habis, grup K-Pop kesayangannya dibubarkan, atau ada member yang keluar dari grup. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

Menyoal kontrak yang habis dengan manajemen, terkadang ada grup idola K-Pop atau member dari grup tertentu yang memilih tetap memperpanjang kontrak. Ada pula grup yang memilih untuk keluar saja dan memulai karier yang baru.

Selama dua dekade terakhir, ada sederet grup K-Pop yang tetap memilih berkarier bersama sebagai grup meski pindah agensi dan harus ganti nama; ada pula yang tak terlalu aktif lagi bermusik, tapi tetap berstatus member grup yang mendebutkan mereka.

1. GOT7

GOT7GOT7 Foto: Dok. JYP Entertainment

Pada 11 Januari, JYP Entertainment resmi mengumumkan bahwa seluruh member GOT7 tidak memperpanjang kontrak eksklusif mereka. GOT7 sendiri sudah bersama dengan agensi tersebut selama 7 tahun. Walaupun semua member sudah memiliki agensi baru, tapi boyband tersebut tidak bubar. Saat ini Mark bergabung dengan Creative Artist Agency, Jay B di H1GHR Music, Jakcson dan Youngjae di Sublime Artist Agency, Jinyoung fokus menjadi aktor di BH Entertainment, BamBam di Abyss Company, dan Yugyeom di AOMG.

2. Shinhwa

ShinhwaShinhwa Foto: dok. ShinCom Entertainment

Shinhwa debut pada 1998 di bawah naungan SM Entertainment. Namun, setelah berkarier selama 6 tahun, semua member memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan agensi tersebut. Keenam member pun solid dengan sama-sama bergabung dengan manajemen baru bernama Good Entertainment. Pada 2011, Shinhwa pun membentuk agensi sendiri bernama ShinCom Entertainment dengan Eric dan Minwoo sebagai co-CEO.

3. Girl's Day

Girl's DayGirl's Day Foto: DreamTea Entertainment.

Girlband yang beranggotakan empat member ini debut pada 2010 di bawah naungan Dream T Entertainment. Sudah banyak lagu populer yang dibawakan oleh Girl's Day seperti Darling, Expectation, Something, dan masih banyak lagi. Kontrak eksklusif mereka dengan agensi berakhir pada 2019 dan memutuskan untuk tidak memperpanjang masa kontrak. Meskipun begitu, agensi dan para member tegas menyatakan bahwa Girl's Day tidak bubar. Keempat member kini sudah menemukan rumah baru mereka, seperti Hyeri di Creative Group ING, Yura di Awesome ENT, Minah di Yooborn Company, dan Sojin berada di Noon Company.

4. Highlight

[Gambas:Video 20detik]


Kalau kamu penyuka boyband generasi 2 pasti sudah tidak asing dengan Beast. Awalnya grup beranggotakan enam member ini debut pada 2009 di bawah Cube Entertainment. Beast yang populer lewat lagu Fiction ini memutuskan keluar dari agensi lama pada 2016. Sayangnya, mereka tidak bisa mempertahankan nama Beast dan berganti menjadi Highlight. Mereka pun membentuk agensi sendiri bernama Around Us Entertainment dan baru-baru ini comeback dengan album The Blowing. Saat ini, Highlight aktif dengan empat member, yaitu Doojoon, Yoseob, Gikwang, dan Dongwoon.

5. GFRIEND

GFRIENDGFRIEND Foto: dok. Source Music

Baru-baru ini seluruh member GFRIEND mengumumkan tidak melanjutkan kontrak eksklusif mereka dengan Source Music. Hal ini disampaikan oleh agensi mereka lewat pernyataan resmi yang dirilis pada 18 Mei. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengenai bubar atau tidaknya girlband tersebut. Andai kata tidak bubar, mereka tidak bisa menggunakan nama GFRIEND karena sudah dipatenkan dan jadi hak milik Source Music.

6. f(x)

f(x) pink tapef(x) pink tape Foto: Dok. f(x) Official Website

Girlband yang berada di bawah naungan SM Entertainment ini debut pada 2009 dengan single bertajuk LA cha TA. f(x) terakhir comeback pada 2015 dengan album berjudul 4 Walls. Sayangnya, sejak 2019 satu per satu member mulai meninggalkan agensi yang telah membesarkan nama mereka tersebut. Dimulai dari Amber yang pindah ke manajemen Steel Wool Entertainment, Luna di Humap Contents dan mendirikan agensi sendiri bernama Grida Entertainment, Krystal di H& Entertainment, dan Victoria fokus dengan kariernya di Tiongkok. Meski sudah sibuk dengan kegiatan masing-masing, para member menegaskan bahwa f(x) tidak bubar.

(aay/aay)