BTS vs BTS! Butter Ambil Posisi PTD, Kembali Rajai Chart Billboard

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Selasa, 27 Jul 2021 11:27 WIB
BTS
Foto: (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

BTS merilis dua lagu, Butter dan Permission to Dance atau PTD dalam waktu berdekatan. Kedua lagu tersebut pun kini saling bersaing di chart Billboard Hot 100.

Pekan lalu, Permission to Dance berhasil debut di posisi pertama, mengalahkan Butter yang sudah tujuh pekan menempati puncak. Pekan ini, tempat teratas kembali diambil oleh Butter.

Hal ini membuat BTS kembali mencetak rekor baru sebagai musisi pertama yang menggantikan posisi #1 di chart Billboard Hot 100 dengan lagu mereka sendiri, sebelum kemudian digantikan kembali dengan lagu sebelumnya di pekan selanjutnya. BTS berhasil meraih rekor ini tanpa ada lagu dari musisi lain yang menempati posisi pertama di antaranya.

Butter kini menjadi lagu yang berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100 selama 8 pekan (tidak berturut-turut). BTS berhasil menyamai rekor Olivia Rodrigo dengan Drivers License sebagai lagu terlama yang menempati posisi pertama di 2021.

Berdasarkan data-data Billboard, Butter menunjukkan peningkatan tinggi dalam hal penjualan pekan ini. Angka penjualan mereka naik 132 persen menjadi 115.600 unduhan dibanding pekan lalu sebesar 49.800 unduhan.

Sementara Permission to Dance, yang pekan ini turun ke posisi tujuh, mengalami penurunan dalam angka penjualan sebesar 39 persen dari pekan lalu. Butter juga mengalami kenaikan dalam jumlah pemutaran di radio sebesar dua persen.

Walaupun ranking kedua lagu tersebut berubah, namun Butter dan Permission to Dance masih menjadi lagu dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat pekan ini.

Melalui akun Twitter resminya, BTS pun berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh ARMY setelah perilisan Butter dan Permission to Dance. Dengan ini, BTS berhasil menempati posisi pertama di chart Billboard Hot 100 selama 9 pekan dengan 2 lagu berbeda.

"Permission to Dance ada di posisi pertama pekan lalu, kini tempat itu diduduki oleh Butter! HOT 100 dipenuhi dengan musik BTS selama 9 pekan berturut-turut!" kicau BTS melalui akun @bts_bighit.

Selamat, BTS dan ARMY!



Simak Video "Dear ARMY, BTS Gelar Konser Konser Online Kedua pada 24 Oktober!"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)