5 Lagu Grup K-Pop versi Spanyol hingga Mandarin Ini Catchy Juga!

Anarani Kifaya - detikHot
Sabtu, 26 Jun 2021 19:02 WIB
SEVENTEEN
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Salah satu strategi pemasaran dalam industri K-Pop adalah membuat lagu selain versi bahasa aslinya. Hal itu tentu saja untuk menarik penggemar dari mancanegara.

Bukan cuma Bahasa Inggris sebagai bahasa global, sebagian grup K-Pop secara spesifik menampilkan lagu dengan bahasa asing tertentu untuk menggaet penggemar dari negara tersebut. Bahasa apa aja yang dibawakan oleh mereka? Yuk, simak daftar putarnya!

1. I Wait - DAY6 (Bahasa Jepang)

[Gambas:Youtube]


Band asuhan JYP Entertainment ini turut andil menciptakan lagu bahasa asing untuk pasar Negeri Sakura. I Wait versi Bahasa Jepang diluncurkan tahun 2018 dan termasuk dalam mini album The Best Day bersama dua lagu mereka dalam versi Bahasa Inggris yakni Congratulations serta You Were Beautiful.

2. Chewing Gum - NCT Dream (Bahasa Mandarin)

[Gambas:Youtube]


Memulai karir di tahun 2016, lagu debut NCT Dream juga tersedia dalam Bahasa Mandarin. Video klip lagu ini sama persis dengan versi Bahasa Korea. Fakta lain dari grup yang beranggotakan 7 member ini ialah dua vokalis utama, Renjun dan Chenle, berasal dari Tiongkok, loh!

3. Stay - BLACKPINK (Bahasa Jepang)

[Gambas:Youtube]


Lagu ballad andalan dari BLACKPINK hadir pula dalam Bahasa Jepang. Stay versi Bahasa Jepang diluncurkan dalam rangka debutnya BLACKPINK di negara tersebut pada tahun 2017. Mereka juga pernah menyanyikan Stay versi Jepang secara live dalam Blackpink Arena Tour di Osaka yang dihadiri sekitar 50.000 penonton.

4. Lullaby - GOT7 (Bahasa Spanyol)

[Gambas:Youtube]


GOT7 memilih langkah yang unik untuk menembus pasar musik Latin. Nggak tanggung-tanggung, mereka mempunyai lagu Lullaby versi Bahasa Spanyol! Dalam konferensi pers comeback Lullaby, salah satu member GOT7, Jinyoung, mengatakan alasan mereka membuat Lullaby versi bahasa asing lainnya adalah karena mereka ingin berkomunikasi dengan penggemar melalui cara lain.

5. Home - Seventeen (Bahasa Mandarin)

[Gambas:Youtube]


Home versi Korea berasal dari mini album keenam mereka, You Made My Dawn, yang dikeluarkan tanggal 21 Januari 2019 sementara versi Mandarin diunggah seminggu kemudian. Meskipun Seventeen belum pernah membawakan versi Bahasa Cina live, namun pada acara SBS Super Concert di Hongkong, mereka mengganti beberapa lirik lagu ini ke Bahasa Mandarin.

(aay/aay)