Multitalenta! 4 Idol K-Pop Perempuan Ini Jago Banget Bikin Lagu

Geralda Talitha - detikHot
Sabtu, 26 Jun 2021 09:25 WIB
Behind the Scene MV IU x SUGA
Foto: Dok. EDAM Entertainment
Jakarta -

Menjadi seorang penyanyi, idol K-Pop seringkali dituntut untuk selalu bisa melahirkan karya-karya dengan konsep unik agar bisa menarik perhatian para fans. Agar bisa memberikan sesuatu yang berbeda dalam setiap karyanya, nggak jarang pula para idol K-Pop ikut terjun untuk mengeksplorasi musik mereka dengan terlibat langsung dalam penulisan lirik hingga mengaransemen lagu mereka sendiri.

Berikut ini beberapa idol K-Pop yang juga dikenal jago bikin lagu:

1. IU

Behind the Scene MV IU x SUGABehind the Scene MV IU x SUGA Foto: Dok. EDAM Entertainment

Nggak ada satupun lagu milik IU yang sepertinya nggak meledak di pasaran. Prestasi ini tentunya berkat keterlibatan IU dalam proses produksi setiap lagunya.

Sejak usia 17 tahun, dia memang sudah menunjukkan kemampuannya dalam memproduksi lagu. Sampai saat ini saja terhitung sudah lebih dari 50 lagu yang pernah dibuat langsung olehnya.

Nggak heran, setiap lagu miliknya selalu bertengger di chart musik Korea. Sederet hits yang pernah ditulis langsung olehnya antara lain Eight, BBIBBI, Ending Scene, Love Peom hingga yang terbaru Lilac.

2. Soyeon (G)-IDLE

Soyeon (G)I-DLE.Soyeon (G)I-DLE. Foto: Instagram/@idle_soyeon

Kemampuan Soyeon dalam memproduksi lagu memang patut diacungi jempol. Soyeon bahkan sudah mulai menulis lagu, composing hingga memproduksi lagu jauh sebelum dia bergabung dengan (G)-IDLE.

Saat muncul di Unpretty Rapstar 3, Soyeon yang saat itu baru berusia 18 tahun sudah mulai menulis 4 lagu. Sejak debut bersama (G)-IDLE, Soyeon juga terlibat dalam proses pembuatan setiap lagu sebagai penulis, produser hingga komposer.

Di tahun 2017, leader (G)-IDLE ini jugamemproduseri sendiri single digitalnya yang bertajuk Jelly. Dirinya juga dikenal telah menulis lagu untuk beberapa penyanyi lain seperti CLC dan Namjoo Apink. Beberapa lagu ciptaannya juga berhasil meraih sederet penghargaan, lo.

3. Moonbyul MAMAMOO

Moonbyul MAMAMOOMoonbyul MAMAMOO Foto: dok. Alure Korea

Nggak cuma jago nge-rap, Moonbyul ternyata juga terlibat aktif dalam sederet lagu populer MAMAMOO. Dia diketahui menulis sendiri seluruh part rap miliknya di lagu-lagu milik groupnya.

Moonbyul bahkan menciptakan lagu paling banyak dari semua idola perempuan generasi ke-3 dengan total 65 kredit.

4. Yeri Red Velvet

Yeri Red VelvetYeri Red Velvet Foto: Instagram yerimiese

Maknae group Red Velvet ini ternyata juga berbakat dalam menulis lirik lagu. Ice Cream Cake, Do Not U Wait No More, Cool World, dan Day 1 adalah beberapa lagu yang pernah ditulis langsung oleh Yeri.

Lawan main Hongseok Pentagon di web drama Blue Birthday ini juga menulis sendiri bagian rap yang dinyanyikannya di lagu Red Flavor, lo. Untuk meningkatkan kemampuan menulisnya, Yeri bahkan sampai belajar dengan IU.



Simak Video "Keseruan Uaena Indonesia Rayakan Debut Anniversary ke-13 IU"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)