5 Lagu K-Pop Ini Pernah Jadi Kontroversi: Jay Park, IU, hingga Suga BTS

Geralda Talitha - detikHot
Selasa, 01 Jun 2021 07:32 WIB
Jay Park
Foto: Jay Park/Facebook
Jakarta -

Sepanjang popularitas musik K-Pop, ada sederet lagu-lagu yang terlibat kontroversi. Entah karena lirik, musik, hingga suara-suara lain yang jadi komponen dalam lagu.

Tidak semua lagu bisa diterima dengan baik oleh para penikmat musik K-Pop. Kritikan buat lagu-lagu yang dianggap mencoreng atau menyinggung pun tidak jarang datang buat sang penyanyi. Tak sedikit dari mereka yang pada akhirnya mengubah atau menghilangkan total bagian yang bermasalah.

Berikut deretan lagu K-Pop yang pernah kena masalah:

1. Jay Park - Mukkbang! Remix

[Gambas:Youtube]


Baru-baru ini, lagu kolaborasi milik Jay Park dengan Lil Cherry & GOLDBUUDA, Dumbfounded dan BIBI yang berjudul Mukkbang! Remix menuai banyak hujatan netizen di media sosial. Alasannya karena penggunaan kata 'Allah' dan 'Wallah' dalam liriknya yang dianggap menghina agama Islam yang tercerminkan dalam penggalan kalimat 'Worship Me Like Allah'.

Awalnya Jay Park sempat tidak melihat hal itu sebagai suatu masalah. Namun setelah Jay membaca komentar para netizen di media sosialnya, barulah dia memahami kalau penggunaan kata dalam lirik lagunya menyinggung kaum Muslim. Jay pun akhirnya mengakui kesalahannya dengan menyampaikan permintaan maaf lewat akun Twitter resminya.

2. Jay B - Switch It Up

[Gambas:Youtube]


Setelah resmi gabung H1GHR Music, 14 Mei lalu Jay B merilis single solonya bertajuk Switch It Up. Namun KBS melarang penyiaran Switch It Up lantaran terdapat lirik yang menggambarkan seksualitas secara berlebihan. Hal ini mengakibatkan Jay B tidak dapat mempromosikan single solonya di berbagai program musik maupun acara TV KBS.

3. Agust D / Suga - WDYT

[Gambas:Youtube]


WDYT merupakan lagu yang masuk dalam mixtape Suga BTS, D-2, yang rilis tahun lalu. Salah satu potongan lirik dalam What Do You Think sempat menuai kontroversi lantaran berisi kutipan pidato Jim Jones di tahun 1977. Jim Jones sendiri dikenal sebagai pemimpin sekte di Amerika yang mengajak ratusan orang untuk bunuh diri dengan menelan cairan yang sudah dicampur sianida.

Karena dinilai kontroversial, HYBE selaku agensi Suga langsung meminta maaf dan memutuskan untuk meninjau dan mengubah lirik lagu What Do You Think.

4. RM - Joke

[Gambas:Youtube]


RM BTS sempat merilis mixtape yang berisikan 11 lagu di tahun 2015. Namun, salah satu lagunya yang berjudul Joke sempat menjadi kontroversi karena liriknya yang terlalu vulgar dan dinilai menyerukan kebencian pada wanita atau misogini. Saat itu, Big Hit Entertainment yang kini bernama HYBE langsung meminta maaf atas kontroversi dalam lirik Joke.

5. IU - Zeze

[Gambas:Youtube]


IU juga pernah bernasib sama dengan empat penyanyi sebelumnya. Lagunya yang dirilis 2015 lalu, Zeze, sempat mendapatkan banyak kritik dari para penggemar K-Pop. Banyak yang menduga bahwa lagu ini membicarakan tentang masalah pedofilia yang terinspirasi dari novel Lolita karya Vladimir Nabokov yang menceritakan tentang kisah cinta seorang dewasa dengan anak-anak di bawah umur.

Namun IU membantah hal itu dan memberikan pernyataan jika Zeze terinspirasi dari Novel populer di Brazil, My Sweet Orange Tree. IU pun meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi saat itu.

(aay/aay)