Jay Park Minta Maaf Singgung Agama Islam soal Lirik Mukkbang! Remix

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 28 Mei 2021 14:53 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - MAY 18: Singer Jay Park attends the Smithsonians celebration of Asian Pacific Americans at City Market Social House on May 18, 2019 in Los Angeles, California. (Photo by Paul Archuleta/Getty Images)
Foto: Jay Park (Getty Images/Paul Archuleta)
Jakarta -

Jay Park belum lama ini menjadi sorotan usai lagu yang dirilisnya tahun lalu menjadi viral. Di salah satu bagian lirik lagu yang berjudul Mukkbang! Remix, terdapat kalimat yang dituding menyinggung agama Islam.

Mukkbang! Remix merupakan lagu kolaborasi Jay Park dengan Lil Cherry & GOLDBUUDA, Dumbfoundead dan BIBI. Lagu tersebut dirilis pada 2020.

Sejumlah netizen merasa bagian yang dinyanyikan Jay Park menghina agama Islam karena penggunaan 'Allah' dan 'Wallah' dalam liriknya. Lirik yang menjadi kontroversi berbunyi 'Worship me like Allah' atau yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Puja aku seperti Allah'.

Lirik tersebut kemudian menjadi perdebatan. Setelah menjelaskan beberapa kali melalui tweet-nya, Jay Park akhirnya merilis pernyataan berupa permintaan maaf secara lengkap setelah menghapus semua tweet penjelasannya.

Berikut selengkapnya pernyataan yang dirilis Jay Park:

Dalam lagu Mukkbang! Remix, aku menggunakan kalimat 'Worship me like Allah' yang mana menyinggung sebagian orang.

Awalnya aku sama sekali tak melihat masalahnya. Namun setelah membaca komentar-komentar (bukan komentar kebencian, tetapi komentar-komentar yang benar-benar mencoba menjelaskan kepadaku kenapa lirik tersebut menyinggung), aku baru tahu ternyata aku menggunakan kata yang dilindungi dengan nyawanya oleh beberapa pihak dalam lirikku.

Tentu saja aku tak seharusnya dengan bebas menggunakan sesuatu yang berarti sangat dalam untuk orang-orang Muslim di lirik rapku. Aku meminta maaf kepada semua fans muslim.

Aku tidak pernah bermaksud menyinggung atau menghina, dan aku akan lebih berhati-hati ke depannya. Aku sangat mencintai dan menghormati semua orang dengan budaya, etnis, dan agama berbeda. Salam cinta dan damai!

Setelah merilis pernyataan tersebut, Jay Park kembali mengungkapkan terima kasih kepada fans yang sudah memberitahunya melalui Twitter.

"Aku sekarang tahu dari mana kalian berasal. Terima kasih kepada kalian yang sudah berbaik hati menjelaskan," kicaunya.



Simak Video "Yugyeom 'GOT7' Resmi Gabung AOMG"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/doc)