Perjalanan Karier Sandara Park, 17 Tahun di YG Entertainment lalu Hengkang

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Selasa, 18 Mei 2021 15:04 WIB
Pemain Mimi Shop
(Foto: Rahmi Anjani/Wolipop) Sudah belasan tahun menjadi artis di bawah naungan agensi YG Entertainment, Dara pun memutuskan keluar dari agensi tersebut.
Jakarta -

Belum lama ini, YG Entertainment mengumumkan Sandara Park resmi meninggalkan mereka setelah 17 tahun. Kabar yang cukup mengejutkan buat sebagian fans mengingat Dara adalah satu-satunya member 2NE1 yang bertahan cukup lama setelah grupnya bubar.

Dara memulai kontraknya dengan YG pada 2004 dan debut bersama 2NE1 di 2009 dengan aktif di berbagai bidang, seperti musik, akting, fashion, kecantikan, dan MC. Hingga saat ini belum diketahui agensi mana yang akan dipilih Dara untuk dijadikan rumah barunya tersebut.

Berikut perjalanan karier Sandara Park dari dulu hingga sekarang memilih hengkang dari YG Entertainment. Yuk, simak!

1. Sudah terkenal sejak di Filipina

Wanita yang tinggal di Filipina ini mulai dikenal saat dia bertemu dengan aktris Filipina, Pauleen Luna yang menyarankan Dara untuk mengikuti audisi ajang pencarian bakat, Star Circle Quest. Selama mengikuti acara tersebut, dia berhasil masuk ke dalam 10 besar dan menjadi juara kedua. Bahkan, Dara menerima setengah juta vote selama menjadi kontestan.

2. Debut akting lewat film rom-com

Selesai mengikuti ajang pencarian bakat tersebut, Dara pun memulai debut aktingnya pada 2004 lewat film rom-com bertajuk Bcuz of U dengan berperan sebagai April. Penampilan aktingnya tersebut mendapat penghargaan sebagai 'Aktris Baru Terbaik' di PMPC Star Awards for Movies. Di tahun berikutnya, dia kembali membintangi film berjudul Can This Be Love yang berhasil mendapat keuntungan sebesar 100 juta peso. Pada 2006, Dara berakting di dua film sekaligus, yaitu D' Lucky Ones dan Super Noypi.

Sandara Park Tetap Langsing Walau Doyan Makan, Ini Pose CantiknyaSandara Park Foto: Instagram/daraxxi

3. Debut menjadi penyanyi di Filipina

Tidak hanya berakting, Dara juga mencoba merambah ke dunia tarik suara dengan album yang berisikan enam buah lagu dengan lagu utama In or Out yang memparodikan pengalamannya selama berada di Star Circle Quest. Album ini meraih minat para masyarakat Filipina hingga terjual lebih dari 100 ribu kopi.

4. Debut di Korea Selatan bersama 2NE1

Pada 2007, wanita berusia 36 tahun ini memutuskan meninggalkan kariernya di Filipina dan pulang ke Korea Selatan. Tidak lama kemudian Dara menandatangani kontrak dengan dengan YG Entertainment. Akhirnya, dia debut di Korea Selatan bersama CL, Bom, dan Minzy sebagai girlband 2NE1. Sebelum resmi debut, 2NE1 merilis lagu kolaborasi bersama Big Bang bertajuk Lolipop.

5. Kembali berakting pada 2015

Setalah sekian lama tidak menunjukkan kemampuan beraktingnya di layar kaca, Dara pun akhirnya comeback akting dengan membintangi drama web bertajuk Dr. Ian bersama Kim Young Kwang. Drama ini pun meraih popularitas tidak hanya di Korea, tapi juga diberbagai negara, seperti Amerika Serikat, Taiwan, dan Thailand dengan melampaui 500 ribu penayangan dalam 3 hari penayangan. Dara juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai 'Aktris Terbaik' di KWeb Festival.

liburannya sandara parkSandara Park Foto: (daraxxi/Instagram)

6. Menjadi pembawa acara di berbagai acara

Tidak hanya berkutat di dunia musik dan akting, Dara juga mencoba peruntungan sebagai pembawa acara di berbagai acara, seperti Twoo Yoo Project Sugar Man, Get It Beauty dan Celebeauty Season 3. Saat ini, dia masih menjadi host di acara Video Star bersama Park Na Rae, Kim Sook, dan Park So Hyun.

7. Hengkang dari YG Entertainment

Setelah 17 tahun membangun karier cemerlang bersama YG Entertainment, Dara memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak dan meninggalkan agensi tersebut. Hingga saat ini, belum ada informasi terkait agensi baru yang akan menaungi mantan member 2NE1 tersebut.

(aay/aay)