5 Idol K-Pop yang Melawan Standar Kecantikan Korea Selatan

Geralda Talitha - detikHot
Sabtu, 17 Apr 2021 14:53 WIB
Girlband dengan body goals.
Foto: Instagram/ajol_llama
Jakarta -

Korea Selatan terkenal dengan standar kecantikannya yang sangat tinggi. Tidak jarang, para selebriti Korea pun dituntut untuk mengikuti standar yang ada, seperti harus bertubuh tinggi dan langsing serta berkulit putih.

Untuk mengikuti standar ini, para selebritas Korea bahkan rela melakukan operasi plastik demi memiliki penampilan yang sempurna. Tapi ada juga beberapa penyanyi Korea yang enggan mengikuti standar kecantikan itu dan memilih menciptakan standar kecantikan dengan tampil alami apa adanya.

Siapa saja ya idol K-Pop Korea yang berhasil mematahkan standar kecantikan di Korea? Ini daftarnya:

1. Amber Liu

Amber LiuAmber Liu Foto: Dok. Instagram/ajol_llama

Saat memulai kariernya sebagai member f(x), banyak tuntutan yang harus dijalani Amber termasuk dalam hal penampilan. Tapi Amber merasa tidak nyaman dengan aturan yang ada, karena dirinya merasa lebih percaya diri dengan penampilannya yang terkesan tomboi.

Dia berhasil mematahkan standar kecantikan dengan rambut pendeknya dan tato di bagian lengan kanannnya.

2. Ailee

AileeAilee Foto: Instagram

Lain halnya dengan Ailee. Penyanyi yang punya suara merdu ini juga sangat percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang jauh dari standar kecantikan Korea. Biasanya penyanyi idol dituntut untuk memiliki tubuh yang langsing, tapi hal itu nggak berlaku buat Ailee.

Di awal debutnya, dia memang punya tubuh proporsional. Tapi lama-kelamaan dia melawan standar kecantikan Korea dengan bentuk tubuh curvey-nya. Hal ini dilakukan Ailee, agar orang-orang di luar sana tidak menganggap bentuk tubuh sebagai penghalang untuk merah cita-cita mereka.

3. Lee Suhyun AKMU

Suhyun AKMUSuhyun AKMU Foto: YG Entertainment.

Member group duo AKMU, Lee Suhyun, juga membuktikan kalau standar kecantikan tidak selalu harus diikuti. Kalau biasanya banyak artis di Korea yang melakukan operasi plastik pada wajahnya agar semakin cantik, hal ini nggak berlaku buat Lee Suhyun.

Walaupun CEO YG Entertainment pernah menawarkan dirinya untuk melakukan operasi plastik, tapi dia nggak mengikuti saran itu. Alasannya karena dia sudah bersyukur dengan wajahnya yang memiliki hidung untuk bernafas.

4. Hyolyn

HyolynHyolyn Foto: Instagram

Member girlband SISTAR, Hyolyn juga membuktikan kalau menjadi seorang penyanyi nggak harus punya kulit putih. Walaupun saat awal debutnya dia sempat dibully karena wajah dan warna kulitnya, tapi Hyolyn tetap percaya diri dengan penampilannya itu sampai sekarang.

Dirinya berhasil membungkam orang-orang yang tidak suka dengan penampilannya, dengan bakat menyanyinya yang memukau saat bergabung dengan SISTAR.

5. CL

CLCL Foto: (dok. Instagram)

Penyanyi idol biasanya dituntut untuk berpenampilan feminin, untuk menonjolkaan kesan manis dan imut di hadapan para fans. Tapi hal ini nggak diikuti oleh member group 2NE1, CL. Sebagai seorang penyanyi, dirinya bahkan mematahkan stereotype perempuan di Korea dengan penampilannya yang swag dan badass.

Dia juga kerap tampil fierce dan selalu menunjukaan image perempuan kuat di setiap aksi panggungnya.



Simak Video "Rayakan Women's History Month, CL Muncul di Video Milik Google"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)