Seperti Surga, Ini 6 Grup K-Pop Bubar yang Dirindukan

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 28 Apr 2021 08:07 WIB
Pristin, idol grup Korea yang bubar usai dua tahun debut.
(Foto: Dok. Instagram/pristin_official_) Sederet grup k-pop ini banyak diharapkan oleh penggemar untuk kembali melakukan reuni di atas panggung.
Jakarta -

Salah satu hal yang paling membuat sedih para penggemar K-Pop adalah ketika grup favorit mereka memutuskan untuk bubar. Alasan mereka bubar pun beragam mulai dari popularitas yang mulai menurun hingga tidak memperpanjang kontrak dengan agensi.

Meskipun begitu, tak sedikit penggemar yang merindukan dan mengharapkan grup yang bubar tersebut kembali berkumpul. Berikut sederet grup K-pop yang sangat ingin dilihat penggemar untuk comeback di atas panggung. Yuk, simak!

1. 2NE1

f(x), Secret, BEAST, 2NE1, Rainbow2NE1 Foto: Istimewa.

Sebagai salah satu girlband K-Pop paling ikonik, 2NE1 memulai debutnya pada 2009 lewat lagu berjudul Fire. Sayangnya, girlband beranggotakan empat member tersebut memutuskan untuk bubar pada 2016. Empat tahun kemudian, para member 2NE1 mengadakan reuni saat merayakan ulang tahun Minzy. Tidak lama setelah melakukan reuni kecil, beredar kabar bahwa 2NE1 akan comeback dengan formasi lengkap dan telah menyelesaikan rekaman lagu yang diproduksi oleh CL. Akan tetapi, pihak CL membantah kabar tersebut Dengan mengatakan bahwa para member 2NE1 hanya mengunjungi studio CL tapi tidak melakukan rekaman.

2. WANNA ONE

Wanna OneWanna One Foto: dok. Wanna One/Instagram

Grup jebolan dari acara survival Produce 101 season 2 ini resmi menjalani debut pada 2017 dengan 11 member. Seharusnya, kontrak mereka hanya berlaku selama 1 tahun dan berakhir pada 31 Desember 2018. Akan tetapi, aktivitas terakhir WANNA ONE sebagai grup terjadi saat menggelar konser pada Januari 2019. Walaupun tidak mungkin terjadi, tapi banyak penggemar yang masih merindukan WANNA ONE kembali sebagai grup. Saat ini, para member kembali debut sebagai solois maupun sebagai boyband baru. Salah satu membernya, Minhyun kembali ke grup asalnya NU'EST.

3. SISTAR

Girlband SistarSISTAR Foto: Istimewa

Girlband yang selalu langganan comeback di musim panas ini sudah debut sejak 2010. SISTAR juga dikenal dengan konsep seksi dan lagu musim panas yang menyenangkan. Bahkan, mereka pernah menjadi salah satu girlband yang memiliki lebih dari 9 lagu dengan peringkat teratas di Gaon Digital Chart. Banyak penggemar yang kaget dan sedih dengan kabar pembubaran SISTAR pada 2017. Setelah empat tahun berlalu, Dasom member kode kepada penggemar bahwa SISTAR sedang berdiskusi terkait reuni dalam waktu dekat.

4. BAP

BAPBAP Foto: dok. TS Ent.

Kalau kamu sudah menyukai K-Pop sejak 2012 pasti sudah tidak asing lagi dengan BAP. Boyband bergaya hip hop ini juga dipuji oleh MTV Korea lantaran dinilai sebagai grup K-Pop yang serba bisa dan memiliki potensi yang tinggi. Sayangnya agensi mereka, TS Entertainment dinilai tidak bisa merawat para member dengan baik hingga mereka jatuh sakit dan popularitas BAP pun mulai redup. Pada 2018, Yongguk dan Zelo tidak memperpanjang kontrak dan meninggal grup, sedangkan empat member lainnya meninggalkan agensi pada 2019.

5. Boyfriend

BoyfriendBoyfriend Foto: Starship Entertainment.

Boyband pertama dari agensi Starship Entertainment ini debut pada 2011 dengan lagu debut bertajuk Boyfriend. Grup yang memiliki anggota yang kembar identik ini sempat digadang-gadang akan menjadi boyband yang snagat sukses di masa depan. Akan tetapi, popularitas mereka justru semakin menurun lantaran agensinya lebih memfokuskan Boyfriend untuk promosi di Jepang. Setelah 8 tahun berkarier, boyband ini pun memutuskan untuk bubar.

6. PRISTIN

Pristin, idol grup Korea yang bubar usai dua tahun debut.PRISTIN Foto: Dok. Instagram/pristin_official_

PRISTIN debut pada 2017 di bawah naungan Pledis Entertainment dan akhirnya dibubarkan pada 2019 setelah hanya 3 member yang memperbaharui kontrak dengan agensi tersebut. Banyak penggemar yang menyayangkan pembubaran PRISTIN dan menyalahkan agensi SEVENTEEN tersebut lantaran manajemen perusahaan yang buruk. Makanya, banyak penggemar yang mengharapkan PRISTIN kembali debut sebagia sebuah grup.

(aay/aay)