Bangga! LOONA Ditunjuk Jadi Duta Budaya Korea Selatan 2021

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 11 Mei 2021 14:53 WIB
LOONA Ditunjuk Jadi Duta Budaya Korea Selatan 2021
(Foto: dok. Korea.net) LOONA jadi girlband K-Pop pertama yang ditunjuk sebagai duta KOCIS.
Jakarta -

Girlband LOONA kini resmi ditunjuk jadi duta budaya oleh Korean Culture and Information Service (KOCIS). Penobatan tersebut dilakukan dalam sebuah acara resmi yang digelar pada Senin (10/5/2021) awal pekan ini.

LOONA jadi girlband K-Pop pertama yang ditunjuk sebagai duta KOCIS. KOCIS sendiri merupakan sebuah organisasi di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan. Dari tahun ke tahun, deretan idola K-Pop ditunjuk buat jadi duta kebudayaan ini.

Sebelum LOONA, nama-nama populer seperti EXO, BTS, WINNER, Stray Kidz, hingga ATEEZ ditunjuk sebagai duta. LOONA menjadi girlband pertama yang menerima kehormatan. Dalam upacara peresmian, 12 member LOONA hadir dengan menggunakan masker mengingat masih dalam kondisi COVID-19.

Diwakili oleh Heejin, LOONA menerima piagam pengangkatannya sebagai duta budaya.

"Kami sangat bangga menjadi duta promosi buat budaya Korea tahun ini. Kami akan mempromosikan K-Pop dan Hallyu lebih jauh lagi," kata Heejin.

Tugas pertama LOONA sebagai duta kebudayaan ini adalah menggelar sebuah upacara buat event Honorary Reporters. Ini adalah event atau program yang digelar oleh KOCIS dengan memilih fans luar Korea untuk mempromosikan budaya Korea ke seluruh dunia.

LOONA Ditunjuk Jadi Duta Budaya Korea Selatan 2021LOONA Ditunjuk Jadi Duta Budaya Korea Selatan 2021 Foto: dok. Korea.net

Selain itu, LOONA juga ambil bagian untuk mempromosikan Talk Talk Korea, sebuah kompetisi internasional tentang konten-konten Korea yang digelar KOCIS.

Nama LOONA sudah sangat populer di kalangan fans K-Pop karena konsep debut dan comeback mereka yang selalu berbeda. Terlebih di penggemar Barat, LOONA terbilang punya fandom yang solid dan besar.

LOONA punya konsep pre-debut yang unik di tahun 2018 lalu. Masing-masing dari 12 membernya merilis satu album setiap bulan dan di saat yang sama juga beraktivitas dalam grup. Album unit mereka pun berhasil masuk ke 10 besar World Album Chart Billboard bahkan sebelum mereka resmi debut.

Oktober 2020 lalu, LOONA merilis lagu berjudul Star yang merupakan versi Bahasa Inggris dari lagu Voice yang mereka rilis sebelumnya. LOONA amat dikenal di kalangan fans Amerika Utara karena lagu-lagunya kerap diputar di radio lokal.

Di dua album terakhir yang dirilis LOONA, bos SM Entertainment Lee Soo Man duduk di bangku produser eksekutif grup ini. Ini merupakan pertama kalinya Lee Soo Man memproduseri grup di luar manajemen SM Entertainment.

Akhir tahun 2020 lalu, detikhot berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan LOONA. Kamu bisa baca artikelnya di bawah ini:

(aay/doc)