Resmi Bubar, Intip Perjalanan Karier IZ*ONE di Dunia Musik

Geralda Talitha - detikHot
Kamis, 29 Apr 2021 14:38 WIB
IZ*ONE Oneiric Diary
Foto: Off the Record/Swing Entertainment
Jakarta -

Hari ini (29/04), group jebolan program survival Produce 48, IZ*ONE, resmi mengakhiri kontrak mereka dengan CJ ENM. Sebelum resmi dibubarkan, beberapa waktu lalu Swing Entertainment dan Off The Record Entertainment selaku, selaku manajemen IZ*ONE telah mengkonfirmasi bubarnya group yang dikepalai Kwon Eunbi ini.

Sebelumnya, keputusan ini sempat membuat WIZ*ONE kecewa. Mereka bahkan sempat melakukan pendanaan agar group ini tidak bubar dan terus berkarya di dunia musik. Berikut ini perjalanan karier IZ*ONE di industri musik:

1. Jebolan Produce 48

Awal terbentuknya IZ*ONE bermula dari program survival Produce 48 pada 2018. Dari 96 trainee yang mewakili beberapa agensi Korea Selatan dan AKB Group, 12 anggota akhirnya terpilih mealui pengambilan suara dari penonton dan diumumkan langsung melalui siaran televisi.

Sebelum tampil di Produce 48, beberapa anggota juga telah aktif di industri hiburan, baik di Korea maupun Jepang.

2. Debut di Tahun 2018

Setelah resmi terbentuk, Off The Record Entertainment mengambil alih pengelolaan IZ*ONE dari Stone Music Entertainment dan Pledis Entertainment. Sampai akhrinya mereka berhasil debut pada 29 Oktober 2018.

3. Merilis EP

Di hari yang sama debutnya, IZ*ONE langsung merilis extended play (album mini), Color Iz, dengan memilih La Vie en Rose sebagai single utama. Album mini mereka tercatat meraih penjualan lebih dari 34.000 unit di hari pertama rilis dan menetapkan rekor baru jumlah album tertinggi yang terjual di hari pertama rilis debut girl group.

4. Sederet Penghargaan

Berkat kepopuleran dan pencapaian yang luar biasa di awal debut, IZ*ONE berhasil menyabet sederet penghargaan, salah satunya Best New Female Artist dari Mnet Asian Music Awards 2018.

5. Debut Jepang

Tahun 2019, group beranggotakan 12 orang ini debut di Negeri Sakura dengan merilis single Jepang bertajuk Suki to Iwasetai. Lagu ini berhasil menghantarkan IZ*ONE menduduki posisi nomor 2 di Oricon Singles Chart dan Billboard Japan HOT 100 dan berhasil terjual 200.000 kopi pada minggu pertama.

6. Comeback dengan Mini Album Kedua

Dua bulan setelah perilisan single Jepang mereka, IZ*ONE comeback di industri musik Korea dengan mini album kedua, HEART*IZ. Album ini langsung menduduki puncak di tangga album Gaon dan Oricon Album Luar Negeri serta terjual lebih dari 130.000 kopi.

7. Tur Konser Asia

IZ*ONE juga sukses menggelar tur konser Asia perdananya yang bertajuk Eyes On Me, 2019 lalu di Seoul. Dalam turnya, mereka mengunjungi delapan kota di lima wilayah dan berhasil mengumpulkan 81.000 penonton.

8. Merilis Album Studio

Tahun 2020, bisa dibilang menjadi tahun tersibuk mereka. Karena di tahun itu, IZ*ONE merilis album studio pertama mereka, Bloo*Iz dengan single Fiesta, lalu diikuti dengan peluncuran album mini ketiga dan keempat. Oktober tahun lalu, mereka juga merilis album studio Jepang pertama mereka berjudul Twelve.

9. Online Final Concert

Sebelum resmi bubar, pertengahan Maret lalu IZ*ONE sempat menghibur para fans untuk yang terakhir kalinya melalui konser terakhir mereka bertajuk ONE, THE STORY yang digelar secara online.



Simak Video " IZ*ONE Berakhir di Bulan April"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)