10 Girlband K-Pop dengan Piala Daesang Terbanyak Sepanjang Masa

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Rabu, 21 Apr 2021 17:30 WIB
Teaser foto TWICE Eyes Wide Open
(Foto: dok. JYP Entertainment) Sederet girlband K-pop ini sukses dengan meraih penghargaan tertinggi dalam acara awards.
Jakarta -

Dalam acara penghargaan di Korea Selatan ada sebutan penghargaan Daesang (jangan keliru dengan Daesung yang adalah member grup BIGBANG) atau Grand Prize yang merupakan penghargaan tertinggi. Penghargaan tersebut merupakan pencapaian tertinggi yang mungkin diterima artis Korea dalam sepanjang kariernya di Negeri Ginseng.

Penghargaan seperti Artist of the Year, Song of the Year, atau Album of the Year adalah beberapa yang masuk dalam kategori Daesang. Buat penyanyi atau grup K-Pop, mendapatkan penghargaan setinggi itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Tentu saja karena dengan memenangkan Daesang berarti mereka sudah bisa melawan grup 'digital monster' alias grup-grup yang selalu menyapu bersih chart digital, 'grup monster fisik' atau grup-grup dengan penjualan album fisik fantastis, dan boyband yang sudah dikenal dengan keloyalan para fangirl-nya.

Berikut sederet girlband K-pop dengan penghargaan Daesang terbanyak sepanjang masa hingga April 2021. Yuk, simak!

1. TWICE - 16 Daesang

TWICE di MV I Can't Stop MeTWICE di MV I Can't Stop Me Foto: dok. JYP Entertainment

Girlband yang memegang perolehan Daesang terbanyak hingga saat ini adalah TWICE. Grup yang debut tahun 2015 ini secara keseluruhan sudah meraih 16 Daesang dan satu-satunya girlband yang meraih penghargaan Song of the Year di Mnet Asian Music Awards tiga tahun berturut-turut. TWICE juga menjadi girlband terlaris sepanjang masa dengan menjual lebih dari 10 juta album fisik.

2. SNSD - 9 Daesang

Yoona SNSDSNSD Foto: Instagram @yoona__lim @limyoona__official

Sering disebut sebagai Nation's Girl Group oleh netizen Korea, SNSD sudah mendapat 9 Daesang dan menjual album sebanyak 2,92 juta selama perjalanan kariernya. Grup yang juga dikenal dengan nama Girls' Generation ini merupakan satu-satunya girlband yang mendapat Disk Daesang (Grand Prize) di Golden Disc Awards.

3. 2NE1 - 6 Daesang

f(x), Secret, BEAST, 2NE1, Rainbow2NE1 Foto: Istimewa.

Girlband yang menjadi pelopor konsep girl-crush ini sudah meraih total 6 penghargaan Daesang di berbagai acara bergengsi termasuk Mnet Asian Music Awards dengan penjualan album sebanyak 681,5 ribu sepanjang karier mereka. 2NE1 memulai debut pada 2009 dan memutuskan bubar pada 2016.

4. Red Velvet - 4 Daesang

Red VelvetRed Velvet Foto: SM Entertainment.

Grup yang mendapat pujian dari para kritikus musik ini sudah memenangkan 4 Daesang termasuk Song of the Year di Asia Artist Awards (AAA) untuk lagu Umpah Umpah dan Music of the Year di Soribada Best K-Music Awards. Red Velvet saat ini tengah disibukkan dengan kegiatan masing-masing, salah satunya adalah Wendy yang baru saja melakukan debut dengan merilis album Like Water.

5. GFRIEND - 3 Daesang

GFRIENDGFRIEND Foto: (dok. IME Indonesia)

Membangun karier sejak 2015 dan telah mengumpulkan lebih dari satu juta unduhan digital dan salinan fisik, GFRIEND telah memenangkan piala Daesang sebanyak 3 kali. Penghargaan itu termasuk Performer of the Year di Korea PD Awards dan Grand Prize kategori Hallyu (K-pop Singer) di Korean Culture Entertainment Awards.

6. MAMAMOO - 2 Daesang

MAMAMOOMAMAMOO Foto: (dok. RBW Entertainment)

Girlband yang terkenal dengan vokal yang luar biasa ini sudah memenangkan 2 Daesang di antaranya Performer of the Year di Korea PD Awards dan Live Performance of the Year di Soribada Best K-Music Awards (SOBA). MAMAMOO debut pada 2014 di bawah naungan RBW Entertainment yang berisi 4 member, seperti Hwasa, Solar, Wheein, dan Moonbyul.

7. MOMOLAND - 2 Daesang

MomolandMOMOLAND Foto: dok Instagram Momoland

Grup yang saat ini beranggotakan 6 member ini sudah memenangkan 2 Daesang di Korea Brand Awards dan Korea Cable TV Awards dengan lagu hit mereka Bboom Bboom. Momoland sendiri awalnya terbentuk dari acara survival bernama Finding Momoland dan terbentuk dengan 9 member.

8. Wonder Girls - 2 Daesang

Wonder GirlsWonder Girls Foto: JYP Entertainment.

Sama seperti MAMAMOO dan Momoland, grup senior Wonder Girls juga telah mengumpulkan 2 Daesang sepanjang karier mereka termasuk Song of the Year dari Mnet Asian Music Awards untuk lagu fenomenal Nobody. Girlband yang memulai debutnya pada 2007 juga telah bubar setelah 10 tahun berkarier.

9. missA - 1 Daesang

Miss AMiss A Foto: Miss A (dok. JYP Entertainment)

Masih dari girlband asuhan JYP Entertainment, ada grup missA yang pernah mengantongi Song of the Year di Mnet Asian Music Awards berkat lagu debut mereka bertajuk Bad Girl Good Girl. Sayangnya, setelah 7 tahun berkarier, grup tersebut memutuskan bubar pada 2017.

10. Fin.K.L. - 1 Daesang

Fin.K.LFin.K.L Foto: dok. Istimewa

Girlband generasi pertama, Fin.K.L. pernah mendapat 1 penghargaan Daesang di puncak karier mereka bersama S.E.S. Grup ini berada di bawah naungan DSP Media dan debut pada 1998 dengan 4 member, seperti Lee Hyori, Ock Joo Hyun, Lee Jin, dan Sung Yu Ri.

(aay/aay)