7 Fakta Weeekly yang Makin Populer Berkat Lagu After School

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 19 Apr 2021 21:43 WIB
Weeekly
Belakangan viral, Weeekly ternyata sudah mendulang berbagai prestasi sejak awal debut, lho! (Foto: dok. PlayM Entertainment/Instagram)
Jakarta -

Baru-baru ini, girlband rookie Weeekly sedang populer lantaran lagu After School yang menjadi hit di berbagai media sosial seperti TikTok. Girlband asuhan PlayM Entertainment ini sebenarnya sudah nyaris setahun aktif di industri musik.

Weeekly debut 30 Juni 2020 lewat lagu berjudul Tag Me. Sejak awal kariernya, girlband adik Apink ini sebenarnya sudah mengantongi banyak prestasi.

Yuk, kenalan lebih dekat dengan girlband berisi 7 anggota ini!

[Gambas:Youtube]


1. Pre-debut dengan nama Fave Girls

Sebelum resmi debut dengan nama Weeekly, mereka dibentuk dengan nama Fave Girls. Awalnya, pada Oktober 2018, Fave Entertainment mengumumkan untuk mendebutkan girlband baru bernama Fave Girls. Lalu, nama grup tersebut berubah menjadi PlayM Girls setelah penggabungan Plan A Entertainment dengan Fave Entertainment untuk membentuk Play M Entertainment pada 1 April 2019. Sampai akhirnya, PlayM Girls resmi debut dengan nama Weeekly yang beranggotakan Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun, Jaehee, dan Jihan, dan Zoa.

2. Prestasi di awal debut

Belum ada sebulan lagu setelah dirilis, lagu Tag Me cukup menarik perhatian netizen hingga dinobatkan menjadi MV debut tercepat yang raih 10 juta penonton dalam waktu 7 hari pada 2020. Selain itu, album debut Weeekly bertajuk We Are juga berhasil terjual hampir 10 ribu kopi. Wah, prestasi yang cukup membanggakan, ya!

WeeeklyWeeekly Foto: dok. PlayM Entertainment/Instagram

3. Fandom bernama Daileee

Dua bulan setelah debut, Weeekly pun meminta saran nama fandom resminnya kepada penggemar lewat fancafe resmi mereka. Pada 23 Agustus 2020, Weeekly pun akhirnya mengumumkan bahwa penggemar mereka akan dikenal dengan nama Daileee. Nama tersebut dirancang agar ejaan dan pengucapannya mirip dengan Weeekly.

4. Meraih penghargaan diberbagai acara bergengsi

Kepopuleran Weeekly semakin meningkat setelah mereka meraih penghargaan sebagai girlband rookie terbaik pada 2020 diberbagai acara bergengsi, seperti Asia Model Awards, Brand of the Year Awards, Melon Music Awards, Korea First Brand Awards, Mnet Asian Music Awards, dan The Fact Music Awards.

5. Lagu debut diakui oleh berbagai media luar negeri

Tidak hanya mendulang prestasi di dalam negeri, Weeekly juga diakui dikancah internasional. Lagu debut mereka bertajuk Tag Me menjadi salah satu lagu K-Pop terbaik 2020 versi kritikus Billboard. Selain itu, lagu comeback berjudul Zig Zag berada diurutan 16 sebagai comeback K-Pop terbaik 2020 menurut media Metro UK. Tidak berhenti sampai disitu, lagu b-side berjudul Top Secret yang ada di dalam album We Can juga menjadi salah satu lagu b-side terbaik 2020 versi MTV.

WeeeklyWeeekly Foto: dok. PlayM Entertainment/Instagram

6. Semakin dikenal lewat lagu After School

Pada awal Januari, majalah TIME membuat deretan grup rookie yang diprediksi akan sukses pada 2021, salah satunya adalah Weeekly. Prediksi tersebut pun terbukti nyata lewat comeback terbaru mereka dengan album We Play. Album tersebut sudah terjuak sebanyak 30 ribu kopi hanya dalam waktu satu bulan. Weeekly juga berhasil meraih sekitar 1,7 pendengar bulanan di Spotify dan lagu After School sudah melampaui 10 juta streaming di Spotify. Girlband ini juga berhasil puncaki Chart Viral 50 Global Spotify lewat lagu After School pada 18 April 2021 dan menjadikannya sebagai grup debutan 2020-2021 pertama yang berhasil meraih prestasi tersebut.

7. Aktif dalam kampanye cinta lingkungan

[Gambas:Youtube]


Weeekly semakin membuat netizen bangga lewat aksi nyata mereka dalam kampanye Green Peace sejak memulai debut. Mereka selalu membawa botol minum sendiri dan menggunakan berbagai peralatan makan yang ramah lingkungan. Lagu mereka yang berjudul My Earth juga mengajak orang untuk lebih peduli akan lingkungan. Weeekly juga andil dalam kampanye penyelamatan populasi orangutan.

(aay/aay)