IU Kenang Masa Awal Terkenal, Sempat Takut Jadi Sorotan

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 10 Apr 2021 12:04 WIB
Behind the Scene MV IU x SUGA
IU kenang dirinya takut jadi sorotan saat awal dirinya terkenal Foto: Dok. EDAM Entertainment
Jakarta -

IU mengenang masa-masa awal dirinya mulai terkenal. Alih-alih bahagia, ternyata sang solois malah diliputi rasa takut. Kenapa ya?

Dua tahun sejak debut, IU mendapatkan kemenangan pertamanya di acara musik lewat lagu Nagging yang dinyanyikannya bersama Seulong 2AM. Setelah itu barulah dia merilis Good Day dan mencapai puncak karier dan menjadi solois mulai diperhitungkan di industri musik Korea Selatan.

Dua tahun berkarier, di tahun 2010 dirinya jadi populer. Ternyata, IU mengaku merasa takut.

"Di awal aku mendadak terkenal, aku lebih merasa takut ketimbang bahagia. Yang paling membingungkan adalah saat aku tampil di satu acara TV satu atau bulan sebelumnya, aku berdiri di sudut dan tidak bisa bicara apapun dan kamera bahkan tidak mengarah kepadaku," kenang IU.

"Tapi satu atau dua bulan setelahnya di acara yang sama, aku diminta berdiri di tengah dan ditanya banyak hal. Aku tidak tahu harus bagaimana," lanjutnya dalam acara Famous Singer yang tayang di JTBC belum lama ini.

IU debut di tahun 2008 dan selama dua tahun kariernya tersebut, di industri musik K-Pop sedang didominasi oleh grup-grup idola. Di antara tahun 2008 hingga 2010, deretan grup seperti SNSD, Super Junior, SHINee, f(x), 2NE1, KARA, 2PM, 2AM, dan sederet grup generasi dua K-Pop sedang aktif berpromosi.

Di berbagai kesempatan IU kerap mengenang masa-masa itu dengan menceritakan bahwa saat itu tidak banyak penyanyi solo yang debut. Kebanyakan penonton acara musik TV pun datang untuk melihat grup idola kesukaan mereka.

Penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu pernah ada di fase orang-orang tidak kenal padanya sama sekali.

"Setiap aku naik panggung aku mendengar komentar penonton bilang, 'itu siapa?' Rasanya seperti nggak ada yang mendengarkan musikku. Rasanya malu sebagai penyanyi dan juga penonton," komentarnya.

IU yang baru saja menelurkan album penuh kelimanya berjudul LILAC kini sudah dewasa di industri musik. Dia pun dikenal sebagai salah satu penyanyi panutan banyak grup idola generasi sekarang. Lagu-lagunya tidak pernah absen nangkring di tangga lagu setiap perilisan.

Kini berada di fase populer, IU merasa punya tanggung jawab lebih. Meski dia juga tidak takut kalau suatu saat popularitasnya akan memudar.

"Aku tidak pernah tahu aku akan terkenal dan aku tidak pernah menginginkan level popularitas yang sekarang. Ini bukan jalur yang aku pilih untuk kujalani, tapi ini juga bukan jalur yang aku bisa berhenti kapan saja ketika mulai menapakinya," tutup IU.



Simak Video "Jadi Fans IU, Daniel Hermansyah Rela Borong Album hingga Puluhan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/pus)