10 Tahun Karier Brave Girls Diganjar Piala Inkigayo Berkat Rollin

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 14 Mar 2021 20:43 WIB
Brave Girls
Brave Girls Foto: Twitter @bravegirls_
Jakarta -

Girlband Brave Girls debut di tahun 2011 dan tidak terlalu banyak orang yang membicarakannya. Kompetisi yang sengit di industri musik K-Pop membuat grup asuhan Brave Entertainment ini kalah gaung dengan Apink yang debut di tahun yang sama.

Tapi Brave Girls yang debut di tahun 2011 dengan Brave Girls yang mendadak populer di 2021 punya formasi yang berbeda. Kini, grup yang beranggotakan Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna tersebut jadi pusat perhatian setelah lagu mereka Rollin jadi viral. Kini Rollin jadi lagu nomor satu di chart domestik Korea Selatan bahkan sudah mengalahkan streaming lagu Celebrity milik IU yang merajai chart selama beberapa pekan terakhir.

Kebahagiaan Brave Girls semakin sempurna ketika manajemen Brave Entertainment mengambil langkah cepat buat promosi artis mereka. Meski Rollin adalah lagu lama yang dirilis tahun 2017, Brave Entertainment buru-buru menjadwalkan Brave Girls buat promosi di acara musik TV. Hasilnya, piala pertama buat Brave Girls di SBS Inkigayo berhasil diraih pada Minggu (14/3/2021).

Kemenangan di acara musik TV buat sebuah grup K-Pop adalah titik penting dalam karier mereka. Dari sana, dengan manajemen yang baik tentu saja, sebuah grup atau penyanyi bisa meroket setinggi-tingginya dan punya karier cemerlang di industri hiburan Korea Selatan. Tapi untuk mencapai hal itu tidak mudah.

Nama Brave Girls sendiri sudah 10 tahun ada di industri musik, meski empat member yang aktif sekarang baru bergabung dengan grup ini sejak 2016. Namun mengingat puluhan lagu K-Pop dari nama-nama besar dirilis setiap bulannya menjadikan sebuah lagu dari 4 tahun yang lalu sangat mustahil buat kembali ke chart, apalagi menempati peringkat pertama. Kecuali memang penyanyinya sudah populer.

IU misalnya, salah satu solois paling dikenal di Korea Selatan, punya lagu yang sering nangkring lagi di chart meski sudah bertahun-tahun dirilis. Seperti lagu natal Merry Christmas in Advance yang dirilis 2010 tak jarang kembali di chart jelang Hari Natal. Atau lagu kolaborasi IU dengan boyband HIGH4 berjudul Not Spring, Love, or Cherry Blossom yang dirilis 2014 bisa naik lagi di chart jelang musim semi. Belakangan ini berkat tren fanmeeting lewat video call, lagu IU berjudul Hold My Hand yang dirilis tahun 2011 kembali trending dan masuk chart juga.

Brave Girls di sisi lain meroket namanya karena sebuah video YouTube yang viral seorang YouTuber menunjukkan popularitas Brave Girls di kalangan para prajurit militer Korea Selatan. The Korea Herald menulis, Brave Girls bahkan mendapat julukan 'Presiden Para Prajurit' karena popularitas mereka di kalangan pria-pria yang tengah wajib militer.

Ada kalanya memang para prajurit militer di masa senggang mereka didatangi oleh idola K-Pop yang tampil buat memberikan semangat. Brave Girls sendiri terbilang populer di kalangan prajurit tentara Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Terlihat dari sebuah video reaksi para tentara ketika menonton Brave Girls. Mereka juga hapal lagu Rollin!

Fenomena popularitas Brave Girls yang viral di kalangan prajurit militer ini kemudian dikenal dengan nama Millboard (Militer + Billboard). Berkat teriakan-teriakan antusias para prajurit militer itulah akhirnya Brave Girls kini bisa meraih piala pertama mereka di acara musik TV sejak Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna (juga Hayun pada saat ini, kini Hayun sudah bukan lagi member Brave Girls sejak 2018) merilis Rollin di 2017.

Brave Girls sedikit mengingatkan kita pada EXID yang juga punya kisah yang sama. Nyaris bubar hingga akhirnya viral berkat fancam seorang fans di internet, EXID kemudian jadi salah satu grup "it girl" pada masanya. Mungkin ini adalah kesempatan kedua buat Brave Girls untuk bisa menunjukkan ke masyarakat bahwa mereka punya talenta yang selama ini terhalang kompetisi dan kurang terdengar.

[Gambas:Youtube]




(aay/dar)