Akhirnya Bisa Streaming Lagu K-Pop Lagi di Spotify!

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 13 Mar 2021 11:14 WIB
Spotify
Akhirnya lagu-lagu K-Pop bisa didengarkan lagi di Spotify Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Lagu-lagu K-Pop yang hilang di Spotify akhirnya sudah kembali lagi. Terutama lagu-lagu yang didistribusikan oleh Kakao Entertainment atau Kakao M.

Pantauan detikcom, lagu-lagu IU yang sebelumnya menghilang dari laman resmi sang solois di Spotify kini sudah kembali. Damainya Spotify dan Kakao M bahkan membuat satu album lama IU yang berjudul Last Fantasy tersedia di platform streaming tersebut.

Sebelum masalah kontrak lisensi, album ini sempat tidak tersedia. Selain IU, diskografi GFRIEND yang juga sempat raib di Spotify sudah kembali.

Kamu bisa kembali mendengarkan lagu-lagu GFRIEND mulai dari album debut mereka Season of Glass hingga Walpurgis Night yang paling baru.

Playlist This Is Epik High kini tidak lagi kosong. Tablo, salah satu personel Epik High, termasuk musisi yang vokal soal konflik antara Kakao M dan Spotify yang membuat banyak lagu-lagu Epik High tidak bisa lagi diputar di platform tersebut. Diskografi Epik High pun sudah kembali termasuk lagu teranyar mereka Rosario.

Berdamainya Kakao M dengan Spotify ini tentu juga berdampak pada lagu-lagu grup lainnya. Sebut saja Zico, SEVENTEEN, NU'EST, MAMAMOO, Sunmi, THE BOYZ, PENTAGON, VIXX, ASTRO, CL, MONSTA X, Apink, (G)I-DLE, LOONA, SF9, 4Minute, MOMOLAND, VICTON, Lovelyz, CNBLUE, KARD dan banyak lagi.

Sebelumnya, fans K-Pop sempat khawatir dengan jumlah streaming yang juga akan hilang setelah lagu-lagu K-Pop favorit mereka ditarik dari Spotify. Dilihat dari beberapa laman resmi para idola K-Pop seperti MONSTA X dan THE BOYZ, jumlah streaming beberapa lagu masih tetap ditampilkan.

Beda halnya dengan IU, total streaming yang muncul di bagian Popular di halaman kini tak lagi didominasi oleh perilisan teranyar IU. Melainkan lagu-lagu Jepang yang tidak berada di bawah distribusi Kakao M (yang tidak hilang ketika konflik Kakao M dan Spotify masih memanas).

Ada kemungkinan Spotify akan mengembalikan statistik streaming yang diperoleh grup K-Pop di platform mereka secara bertahap.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kakao M lewat Kakao Entertainment dan Spotify memutuskan buat berdamai soal kontrak lisensi.

"Kedua perusahaan sudah menyelesaikan diskusi tentang pembaruan kontrak lisensi global. Hasilnya, konten dari Kakao Entertainment (sebelumnya Kakao M) akan tersedia di platform Spotify di seluruh dunia termasuk Korea Selatan," kata perwakilan dari Kakao M.

Spotify juga menyebut bahwa mereka akan tetap pada misi menyatukan musisi dengan fans di seluruh dunia. Juga menampilkan musik dari seluruh dunia ke 345 juta pendengar Spotify di 170 negara.

"Musik dari artis-artis Kakao Entertainment akan bisa lagi didengarkan di Spotify untuk fans global dan 345 juta pendengar Spotify di 170 negara di seluruh dunia. Sebagai misi Spotify untuk menghubungkan musisi dengan fans di seluruh dunia dan buat menampilkan musik dari seluruh dunia ke pengguna kami, kami sangat senang bisa meraih pendengar Korea tidak hanya lewat track-track ini (yang hilang dan akan kembali) tapi juga track dari perpustakaan kami yang berisi 70 juta lagu dan 4 miliar playlist," kata Spotify.



Simak Video "Berdamai dengan Kakao M, Lagu K-Pop Bisa Didengar Lagi di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/tia)