Hore! Lagu K-Pop dari Kakao M Akan Balik Lagi ke Spotify

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 11 Mar 2021 11:45 WIB
Teaser foto GFRIEND Song of the Sirens
GFRIEND jadi salah satu girlband yang terkena imbas konflik Kakao M dan Spotify. Lagu-lagu mereka kini hilang di platform tersebut, tapi akan segera kembali. (Foto: dok. SOURCEMUSIC)
Jakarta -

Nyaris dua minggu ratusan lagu K-Pop yang didistribusikan Kakao M hilang dari Spotify. Lantaran kontrak lisensi antara keduanya telah berakhir per 1 Maret 2021. Kini kesepakatan baru sudah dibuat.

Pada Kamis (11/3/2021) dilaporkan Kakao M dan Spotify telah membuat perjanjian baru buat lisensi global lagu-lagu K-Pop di platform streaming tersebut. Hasilnya, lagu-lagu K-Pop yang sebelumnya ditarik dan hilang akan bisa didengarkan lagi.

"Kedua perusahaan sudah menyelesaikan diskusi tentang pembaruan kontrak lisensi global. Hasilnya, konten dari Kakao Entertainment (sebelumnya Kakao M) akan tersedia di platform Spotify di seluruh dunia termasuk Korea Selatan," kata perwakilan dari Kakao M.

Hal senada diamini oleh Spotify. Mereka menegaskan bahwa fans global bisa kembali menikmati lagu-lagu K-Pop yang sebelumnya hilang.

Spotify juga menyebut bahwa mereka akan tetap pada misi menyatukan musisi dengan fans di seluruh dunia. Juga menampilkan musik dari seluruh dunia ke 345 juta pendengar Spotify di 170 negara.

"Musik dari artis-artis Kakao Entertainment akan bisa lagi didengarkan di Spotify untuk fans global dan 345 juta pendengar Spotify di 170 negara di seluruh dunia. Sebagai misi Spotify untuk menghubungkan musisi dengan fans di seluruh dunia dan buat menampilkan musik dari seluruh dunia ke pengguna kami, kami sangat senang bisa meraih pendengar Korea tidak hanya lewat track-track ini (yang hilang dan akan kembali) tapi juga track dari perpustakaan kami yang berisi 70 juta lagu dan 4 miliar playlist," kata Spotify.

Ke depannya, Spotify akan berkomitmen untuk terus melakukan negosiasi dengan musisi, label rekaman, dan pemilik hak cipta, agar mereka bisa punya pengaruh positif di sistem streaming di Korea Selatan.

Dengan kesepakatan ini, lagu-lagu K-Pop yang sempat musnah sejak 1 Maret 2021 akan kembali secara bertahap. Pantauan detikcom hari ini, lagu-lagu milik IU atau GFRIEND yang hilang masih belum muncul di Spotify.

Ditunggu comeback-nya, K-pop di Spotify!

(aay/aay)