Comeback 7 Boyband K-Pop ini Paling Ditunggu Usai Wamil!

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Selasa, 02 Feb 2021 07:55 WIB
EXO Sing For You Teaser
Foto: SM Entertainment
Jakarta -

Semua pria di Korea Selatan harus menjalani wajib militer, tak terkecuali para idola K-Pop. Setelah menyelesaikan tugas militer mereka, deretan idola K-Pop telah mengumumkan comeback mereka.

2PM dan SHINee adalah dua grup yang siap comeback setelah menyelesaikan wajib militer. Tapi nggak sedikit juga grup yang masih hiatus dan menunggu member lain kembali dari wamil buat comeback.

Berikut deretan comeback boyband K-Pop yang paling ditunggu setelah para member menyelesaikan wamilnya!

1. SHINee

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: SHINee Foto: dok. Istimewa

SHINee terakhir menghibur Shawol (sebutan buat fans) lewat album mini The Story Of Light EP 3 dengan lagu utama Our Page di 2018. Setelah itu, Onew, Key, dan Minho menjalani tugas wajib militer mereka.

2020 lalu semua member yang wamil telah menyelesaikan tugasnya. Kini SHINee siap comeback dengan merilis album ketujuh bertajuk Don't Call Me pada 22 Februari mendatang.

2. 2PM

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: 2PM Foto: dok. Istimewa

2PM perlu waktu lama buat comeback dalam formasi lengkap. Perilisan terakhir mereka adalah Gentlemen's Game di tahun 2016. Setelah itu member 2PM sibuk dengan kegiatan individual seperti drama dan film serta proyek solo dan juga wajib militer.

Akan tetapi, JYP Entertainment mengumumkan bahwa 2PM akan segera kembali dengan formasi lengkap setelah Junho selesai wamil pada Maret 2021.

3. Highlight

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: Highlight Foto: dok. Istimewa

Boyband yang debut tahun 2009 itu terakhir merilis mini album spesial pada 2018. Album ini sayangnya tidak dipromosikan di acara musik. Inilah yang bikin fans Highlight ingin mereka merilis album baru dan promo comeback.

Leader Highlight, Yoon Doojoon, merilis album solonya bertajuk Daybreak pada Juli 2020. Yang Yoseob sudah menyelesaikan wajib militernya pada 28 Agustus 2020. Menyusul Gikwang yang telah menyelesaikan wamil pada November 2020. Setelahnya, Dongwoon selesai wamil pada Desember 2020.

4. BIGBANG

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: BIGBANG Foto: dok. Istimewa

Empat member aktif BIGBANG sudah menyelesaikan wajib militer mereka. Sayang hingga kini belum ada kabar comeback BIGBANG dengan album baru.

Flower Road jadi perilisan terakhir BIGBANG di Maret 2018. Sempat dikonfirmasi bakal manggung bareng di Coachella 2020 namun batal karena pandemi COVID-19. Terakhir, G-Dragon dikabarkan sedang mengerjakan lagu baru.

5. INFINITE

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: INFINITE Foto: dok. Istimewa

INFINITE terakhir kali merilis lagu pada 2019 bertajuk CLOCK. Pada saat itu, mereka hanya promosi dengan lima anggota lantaran sang leader, Sungkyu sedang menjalani wajib militer. Sepeninggal Hoya, INFINITE memang aktif tampil berenam.

Meski ada member yang tak lagi bernaung di manajemen yang sama, namun INFINITE tetap utuh sebagai grup. L dijadwalkan debut solo Februari 2021 ini, Woohyun dan Sungjong saat ini masih menjalani wajib militer. Sedangkan, Dongwoon dan Sungyeol sudah menyelesaikan wamil mereka.

6. EXO

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: EXO Foto: dok. Istimewa

Boyband SM Entertainment ini terakhir merilis album berjudul Obsession di tahun 2019. Enam member saja yang ikut berpromosi saat itu karena Xiumin dan D.O sedang wajib militer. Kini keduanya telah selesai wamil, giliran Xiumin dan Chen menyusul.

Karena sudah tidak mengeluarkan karya bersama selama kurang lebih satu tahun, banyak EXO-L (penggemar EXO) yang merindukan mereka. Baru-baru ini, Baekhyun memberi spoiler bahwa EXO akan melakukan comeback pada 2021.

7. FT ISLAND

Comeback boyband K-Pop setelah wamilComeback boyband K-Pop yang ditunggu setelah wamil: FT ISLAND Foto: dok. Istimewa

FT ISLAND merilis album mini terakhir pada September 2019 sebelum Lee Hong Ki sang vokalis utama menjalani wajib militer. Fans pun sudah menantikan comeback FT ISLAND dalam formasi lengkap.

Sementara itu member lainnya yaitu Choi Jong Hoon memutuskan hengkang karena terlibat kontroversi chatroom mesum Jung Joon Young. Belum lama ini, Minhwan telah dikaruniai putri kembar. Sedangkan, Jae Jin sedang menjalani wamil sejak Januari 2020.

(aay/aay)