K-Playlist

Saat Musisi Korea Bicara Kesehatan Mental Lewat Lagu, Pas untuk Healing

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 09 Okt 2020 18:02 WIB
K-Playlist
Foto: K-Playlist
Jakarta -

Musik bisa menjadi salah satu pelarian ketika seseorang menghadapi hari yang berat. Sejumlah musisi Korea bahkan menciptakan lagu khusus yang membahas kesehatan mental.

Salah satu musisi yang paling sering bersuara melalui lagunya adalah Lee Hi. Saat masih di YG Entertainment, ia pernah merilis lagu bertajuk Breathe. Lagu ini seakan mengingatkan para pendengar untuk tidak lupa bernapas dan mencoba menenangkan pendengar dengan liriknya.

Lagu ini diciptakan oleh mendiang Jonghyun SHINee yang juga kerap bersuara tentang pentingnya kesehatan mental melalui lagu-lagunya. Pada 2015, ia pernah merilis lagu bertajuk End of a Day.

Dalam sebuah wawancara, Jonghyun pernah mengungkap inspirasi di balik lagu End of a Day. Ia terinspirasi dari anjing peliharaannya, Roo, yang selalu setia menantinya di rumah dan memeluknya sepulang kerja.

Lewat lagu End of a Day, Jonghyun juga berharap lagu tersebut bisa berperan sebagai selimut atau pelukan hangat yang dibutuhkan oleh siapa pun yang menjalani hari yang berat.

Tak hanya Jonghyun, Roy Kim juga pernah merilis lagu dengan maksud yang sama pada 2015. Lewat lagu Home, ia berharap lagu tersebut bisa menjadi 'rumah' tempat orang-orang pulang dan mengadu.

Selain musisi-musisi di atas, BTS juga menjadi salah satu idola Korea yang kerap membuat lagu dengan lirik penuh semangat. Seperti lagu Magic Shop, yang bertujuan untuk menguatkan para pendengarnya.

BTS seakan mengundang para pendengar untuk masuk ke dalam sebuah lokasi bernama Magic Shop, yang menawarkan kehangatan seperti secangkir teh. BTS juga menceritakan pengalaman mereka dengan tujuan menghibur para pendengar, dan meyakinkan mereka tidak sendirian menghadapi dunia yang berat.

Selain musisi-musisi di atas, D.O EXO, IU, hingga Standing Egg juga punya lagu-lagu yang cocok didengarkan untuk healing. Yuk dengarkan sama-sama lagunya di K-Playlist.



Simak Video "Musisi 'Ampun Bang Jago' Bakal Kolaborasi dengan Eka Gustiwana"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)