BTS Sebut Proses Pembuatan Musik Seperti Melahirkan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 18 Sep 2020 13:34 WIB
Fashion BTS dalam MV Dynamite
Foto: Facebook BTS
Jakarta -

BTS mencetak sejumlah rekor setelah merilis Dynamite beberapa waktu lalu. Mereka berhasil merajai chart Billboard Hot 100 selama 2 pekan berturut-turut, juga didengarkan lebih dari 12,6 juta stream di Spotify dalam 24 jam.

Spotify pun berbincang dengan BTS melalui edisi terbaru podcast For the Record yang diberi judul BTS: The Band, The Brand, and The ARMY. BTS membahas berbagai hal, termasuk proses pembuatan lagu.

Menurut RM, berbagai macam proses berbeda mereka lalui. Yang pasti, para member BTS terlebih dulu menentukan kata kunci yang menjadi tema dari perilisan terbaru mereka.

"Prosesnya sangat beragam, terkadang kamu mulai dengan melodi, kadang hanya dengan sebuah kata atau tema. Tapi pada dasarnya saat membuat album, kami punya semacam tema atau kata kunci yang mewakili seluruh album tersebut," ungkapnya.

"Dan saat kami berhasil sepakat pada satu kata kunci, kami semua akan berkumpul untuk membuat lagu, melodi, lirik, dan apa pun itu. Jadi, prosesnya seperti membuat puzzle saat kita membuat sebuah album," lanjut RM.

J-Hope pun mendeskripsikan proses pembuatan musik seperti ketika seorang ibu akan melahirkan. Prosesnya sulit dan sangat melelahkan.

"Proses pembuatan musik itu cukup sulit, ibaratnya seperti sakit saat melahirkan. Oleh karena itu butuh fokus dan perhatian yang tinggi, juga waktu yang panjang karena kami benar-benar mencurahkan segalanya," ujar J-Hope.

"Setelah mendapatkan hasil yang baik, saat melihatnya, kami merasa bangga dan merasakan pencapaian yang nyata," pungkasnya.

Sementara itu, BTS akan merilis versi terbaru untuk lagu Dynamite setelah sebelumnya merilis 4 versi lain. Kali ini, mereka akan merilis Dynamite dalam versi NightTime, yang dideskripsikan sebagai slow jam, retro, dengan vibe tengah malam.



Simak Video "Merchandise BTS Dilarang ke China, Ini Tanggapan Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)