BANGPINK World Domination! BTS-BLACKPINK Masuk 10 Besar Chart Billboard

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Selasa, 15 Sep 2020 11:54 WIB
Fashion BTS dalam MV Dynamite
Foto: Facebook BTS
Jakarta -

Billboard belum lama ini merilis dua chart musik baru yang dibuat berdasarkan streaming dan penjualan secara internasional. BLACKPINK dan BTS sama-sama masuk di angka 10 besar chart tersebut.

Billboard dan MRC mengumumkan dua chart mingguan baru untuk menentukan lagu-lagu terpopuler secara global. Chart tersebut adalah Billboard Global 200 dan Billboard Global excl. US.

Kedua chart tersebut diurutkan berdasarkan penjualan dan streaming data lebih dari 200 wilayah. Peringkat ditentukan oleh formula yang menggabungkan nilai streaming resmi dari platform langganan dan digital yang didukung oleh iklan, dengan jumlah unduhan dari situs penjualan musik online seluruh dunia.

Chart pertama merupakan data yang diambil dari 4 September hingga 10 September. Sepuluh besar dari chart tersebut sudah diumumkan, sementara daftar urutan lengkap baru akan dirilis pada hari ini, 15 September 2020.

WAP yang merupakan lagu kolaborasi Cardi B dengan Megan Thee Stallion berada di posisi pertama Global 200 chart dengan 100,9 juta streaming secara global dan 23 ribu unduhan. Dynamite oleh BTS berada di posisi kedua dengan 83,4 juta streaming dan 36 ribu download.

Posisi ketiga ditempati oleh 24Goldn dengan Hawai, disusul oleh kolaborasi Drake dan Lil Durk lewat Laugh Now Cry Later. Posisi keenam ditempati Jawsh 685 dan Jason Derulo bertajuk Savage Love, diikuti oleh The Weeknd dengan Blinding Lights di belakangnya.

Kolaborasi BLACKPINK dan Selena Gomez dengan Ice Cream berada di posisi kedelapan. Dengan ini, BTS dan BLACKPINK menjadi dua grup K-Pop yang pernah memasuki chart tersebut.

Sementara di chart Billboard Global excl. US, BTS berada di posisi kedua sementara BLACKPINK berada di posisi 6. Chart tersebut ditentukan oleh streaming dan penjualan di luar Amerika Serikat.

Selamat, BTS dan BLACKPINK!



Simak Video "Menunggu Gebrakan BLACKPINK dan BTS di Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)