Girlband Baru Lee Hyori Bakal Bikin Persaingan Chart Musik Makin Sengit

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 24 Agu 2020 20:00 WIB
Refund Expedition
Foto: Refund Expedition, girlband baru Lee Hyori, Jessi, Hwasa, dan Uhm Jung Hwa (dok. MBC)
Jakarta -

Chart musik Korea selama beberapa pekan terakhir terbilang penuh persaingan. Sederet nama besar yang secara domestik dikenal dan disukai mendominasi sederet platform streaming di Korea Selatan.

Nama-nama seperti Hwasa, SSAK3, BLACKPINK, dan kini Jessi, Park Jin Young, Sunmi hingga BTS, menjadi penguasa chart musik. Salah satu yang bisa dipastikan akan membuat persaingan semakin ketat adalah girlband baru Lee Hyori yang siap didebutkan.

Variety show How Do You Play? yang dibintangi oleh Yoo Jae Suk, Lee Hyori dan Rain telah sukses membuat grup SSAK3 (yang juga beranggotakan ketiga nama tadi) berada di puncak chart. Sebelum Dynamite BTS dirilis, SSAK3 seperti tidak terkalahkan di chart Melon. Seperti diketahui, Melon di Korea seperti Billboard di Amerika. Semua penyanyi berharap bisa ada di chart Melon TOP100.

How Do You Play? rupanya tidak mau berhenti di SSAK3. Penerimaan masyarakat pada konsep co-ed di grup tersebut (yang membawa nostalgia di ke grup-grup 90-an dan 2000-an) teramat luar biasa. Terlebih karena Yoo Jae Suk adalah sosok MC nasional yang memang sangat disukai. Rasanya tidak ada orang Korea yang tidak kenal Yoo Jae Suk. Sehingga tidak heran apapun yang dilakukannya menjadi populer. Termasuk salah satunya SSAK3.

Lagu-lagu SSAK3 meluluhlantakkan chart musik termasuk Melon, chart musik yang diagung-agungkan para penyanyi serta idola K-Pop. Selama beberapa pekan terakhir rasanya agak sulit buat mengalahkan SSAK3 di chart musik sampai akhirnya BTS muncul dengan Dynamite dan akan aneh rasanya kalau lagu yang memecahkan rekor di YouTube dan Spotify ini tidak menjadi nomor satu di chart musik negara asalnya.

Kembali ke girlband baru Lee Hyori, yang dimaksud bukanlah Fin.K.L. Lee Hyori memang member girlband yang debut di tahun 1998 bernama Fin.K.L sebelum akhirnya debut solo. Fin.K.L adalah salah satu girlband K-Pop generasi pertama yang beranggotakan empat orang member dan sangat populer di Korea Selatan bersama grup seperti S.E.S dan H.O.T.

Lewat How Do You Play, Lee Hyori rencananya bakal debut bersama tiga perempuan lainnya dalam sebuah grup. Member grup ini pun tidak main-main: Jessi, Uhm Jung Hwa, dan Hwasa.

Lee Hyori sendiri adalah penyanyi ikonik yang amat populer di Korea Selatan. Bersama Jessi yang terkenal karena image kakak perempuan garangnya, Uhm Jung Hwa yang sudah jadi legenda di dunia tarik suara, serta Hwasa yang adalah sosok IT GIRL; girlband baru ini dijamin akan membuat persaingan di chart musik semakin sengit dan ketat. Belum lagi karena mereka bakal debut lewat acara How Do You Play? yang tayang di stasiun televisi terbesar dan tertua di Korea Selatan: MBC.

Eksposure dari salah satu media mainstream serta fanbase dari masing-masing girlband yang akan dibentuk How Do You Play? nanti bakal membuat grup proyek jadi primadona di negara asalnya. Kalau SSAK3 saja bisa mengalahkan BLACKPINK How You Like That di chart, girlband baru Lee Hyori ini tampaknya bisa jadi saingan terberat buat Dynamite BTS yang diprediksi akan bertahan cukup lama di peringkat atas chart Melon.

Penampilan Lee Hyori, Hwasa, Jessi, dan Uhm Jung Hwa di acara How Do You Play? pekan lalu membuat rating acara tersebut meroket drastis. Sekaligus jadi episode dengan rating tertinggi sepanjang sejarah penayangan variety show yang dibawakan Yoo Jae Suk itu.

Hanya tinggal menghitung hari saja sampai akhirnya girlband bernama Refund Expedition ini debut dan mengukir sejarah baru.

(ron/nu2)