detikHot

kpop

BTS Kembali Cetak Rekor, Kini dari Lagu Jepang Lights

Kamis, 30 Jul 2020 09:00 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
BTS Foto: Twitter BTS
Jakarta -

BTS tak hanya merilis lagu dalam bahasa Korea, tetapi juga Jepang. Kini salah satu lagunya, Light, berhasil mencetak rekor di negara Sakura.

Recording Indsutry Association of Japan (RIAJ) belum lama ini menerapkan sistem sertifikasi baru untuk streaming lagu secara online. Aturan ini dibentuk sebagai tambahan pada sistem sertifikasi yang sudah ada sebelumnya untuk penjualan album fisik dan digital.

Menurut sistem baru, lagu akan mendapatkan sertifikasi silver setelah mencapai 30 juta stream. Mereka akan diberi sertifikasi gold setelah 50 juta stream, dan platinum di angka 100 juta stream.

RIAJ belum lama ini mengumumkan lagu BTS bertajuk Lights berhasil meraih sertifikasi silver setelah meraih angka 30 juta stream. Light adalah lagu keempat BTS yang meraih sertifikasi tersebut setelah lagu DNA, Boy With Luv, dan Fake Love.

Namun kali ini, BTS juga mencetak rekor baru. Lights menjadi satu-satunya lagu original Jepang yang dirilis oleh boy grup asal Korea yang meraih sertifikasi RIAJ.

Sebelumnya, BTS juga kembali mencetak rekor melalui tangga lagu Billboard. Berdasarkan daftar chart World Album yang dirilis belum lama ini, album Map of the Soul: 7 milih BTS masih berada di posisi pertama selama 22 pekan.

Posisi kedua merupakan album Love Yoursef: Answer yang dirilis pada Agustus 2018. Total album tersebut betah berada di chart selama 100 pekan. Wowo!

Pada awal Juli 2020, album Love Yourself: Tear juga meraih prestasi yang sama. Album tersebut menjadi album Korea pertama yang bertengger selama 100 pekan di chart World Album Billboard.

Selamat, BTS!

Sementara itu, saat ini BTS tengah disibukkan dengan proses pembuatan album baru. Pada Agustus 2020, mereka akan merilis single untuk fans yang akan dinyanyikan dalam bahasa Inggris. Nantikan ya, ARMY!




Simak Video "BTS akan Bawakan 'Dynamite' di MTV VMA 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)
bts

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com