BTS hingga EXO, Deretan Idol K-Pop yang Bantu Pariwisata Korsel

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 17 Jul 2020 15:27 WIB
K-Playlist
Foto: K-Playlist
Jakarta -

Korean Wave menjadi salah satu faktor utama para wisatawan bertandang ke Korea Selatan. K-Pop menjadi salah satu faktor terbesarnya.

Belum lama ini, pihak Korea Tourism Organization mengungkap hasil survei terkait pengaruh Hallyu atau Korean Wave dalam pariwisata Korea Selatan. Dalam survei tersebut, terungkap K-Pop adalah faktor terbesar yang menarik banyak wisatawan luar negeri.

Mereka pun merilis daftar idola K-Pop yang menyumbang devisa terbesar melalui survei yang dilakukan pada lebih dari 12 ribu orang fans Hallyu mulai Agustus hingga September 2019.

BTS merupakan idola paling populer yang dipilih lebih dari 36 persen. Dengan kepopuleran BTS yang mendunia, hasil ini tak lagi mengejutkan publik.

"Banyak fans Hallyu yang menyebut artis K-Pop paling populer di negara mereka adalah BTS. Penampilan di atas panggung, gaya, dan pesan mereka kepada anak-anak muda melalui musik dinilai merupakan aspek positif," ungkapnya.

Posisi kedua ditempati oleh EXO dengan 10,4 persen. Disusul oleh Super Junior di angka 8,2 persen.

Selain itu, BIGBANG, yang kini masih vakum, juga menyumbang angka yang cukup besar. Mereka berada di posisi empat dengan 5,6 persen.

Posisi lima dan enam secara berurutan adalah Shinhwa (3 persen) dan IU (2,7 persen). Dua terakhir adalah idola grup perempuan Girls Generation (2,7 persen), dan TWICE (2,5 persen).

Sekitar 86,8 persen responden menyebut K-Pop menjadi alasan utama mereka berkunjung ke Korea Selatan sebagai turis. Mereka mengaku membeli merchandise, berkunjung ke agensi K-Pop, berkunjung ke lokasi syuting MV, hingga berkunjung ke kafe yang dimiliki oleh idola K-Pop.

Nah, yuk dengarkan lagu-lagu B-Side para idola K-Pop di atas yang cocok didengarkan sore-sore melalui playlist ini!



Simak Video "K-Talk Ep 43: Reaksi EXO-L dan ARMY Nonton Debut TREASURE"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)