ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif

Bintang Train to Busan 2: Peninsula Digaet Tanpa Audisi

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 22 Okt 2020 19:04 WIB
Wawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara Peninsula
Sutradara Yeon Sang Ho, aktris Lee Jung Hyun, aktor Kang Dong Won pemeran Peninsula (Foto: dok. CJENM)
Jakarta -

Film pertama Train To Busan sukses menjadi salah satu film Korea Selatan dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia. Kini film keduanya, Peninsula, mulai ditayangkan di gerai bioskop CGV yang akhirnya dibuka setelah berbulan-bulan libur akibat pandemi. Train to Busan 2: Peninsula juga jadi salah satu film yang akan ditayangkan di gelaran Korea-Indonesia Film Festival 2020.

Musim panas 2020 ini, detikcom berkesempatan mengobrol dengan dua bintang film Train to Busan 2: Peninsula, yaitu Kang Dong Won dan Lee Jung Hyun. Juga dengan sutradara Yeon Sang Ho yang kembali mengarahkan film dalam universe yang sama. Mereka pun bercerita banyak hal mulai dari proses casting hingga penayangan film di tengah kondisi pandemi.

Pemain Dipilih Tanpa Audisi

Wawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara PeninsulaWawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara Peninsula Foto: dok. CJENM

Buat yang pernah menyaksikan La La Land, karakter Mia Dolan dalam film tersebut dikisahkan menghadiri audisi demi audisi untuk berbagai peran di film dan televisi. Untuk mendapatkan satu peran saja, dia harus melewati beberapa proses audisi terlebih dahulu. Cerita serupa mungkin pernah juga kita dengar dari para bintang film Hollywood. Namun rupanya tidak demikian dengan Korea Selatan khususnya buat film Train to Busan 2: Peninsula ini.

Rupanya para bintang dalam film tersebut seperti Kang Dong Won dan Lee Jung Hyun tidak melewati serangkaian proses audisi buat mendapatkan perannya. Namun mereka direkrut secara langsung oleh sutradara.

"Sebelum bikin film ini dengan mereka (Kang Dong Won dan Lee Jung Hyun), saya adalah fans mereka. Menurut saya, mereka berdua cocok dengan imajinasi saya tentang imej dan tone film Peninsula ini. Seperti yang dilihat di poster, mereka berhasil menampilkan visi yang saya inginkan," kata Yeon Sang Ho kepada detikcom.

Kang Dong Won menambahkan, di dunia film Korea Selatan nama-nama populer terbilang mudah untuk mendapat peran dalam film. Karena mereka akan langsung diberi tawaran tanpa harus melalui proses audisi. Termasuk dirinya buat film Peninsula ini.

Wawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara PeninsulaWawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara Peninsula Foto: dok. CJENM

"Di Korea, aktor atau aktris yang sudah lumayan terkenal, biasanya tidak audisi dulu. Lebih seringnya, mereka (sutradara dan produser) sudah percaya pada seorang aktor atau aktris lalu bekerja bersama mereka. Seperti bidang pekerjaan lainnya, banyak kasus dimana prosesnya melalui orang kenalan atau direkrut langsung. Untuk film Peninsula ini, aku menerima skenario dari sutradara Yeon Sang Ho melalui kenalan," kisahnya.

Senada dengan apa yang diutarakan Kang Dong Won, Lee Jung Hyun pun juga mendapat tawaran langsung dari sang sutradara. Ketika pertama kali mengobrol di telepon, Yeon Sang Ho blak-blakan mengutarakan rencananya buat memproduksi sekuel.

Tanpa pikir panjang, Lee Jung Hyun menerima tawaran itu. Karena dia sendiri menonton film Train to Busan hingga empat kali di layar lebar.

"Saya penggemar berat film Train to Busan hingga menonton filmnya empat kali di bioskop. Suatu hari sutradara Yeong Sang Ho telepon, dia bilang sedang membuat film lanjutan Train to Busan berjudul Peninsula dan menawari saya untuk ikut. Saya langsung setuju sambil berteriak bahkan sebelum tahu skenarionya. Saya sangat berterima kasih saat itu. Situasi di lokasi syuting sangat enak. Kemampuan directing sutradara sangat cepat dan tepat, sehingga saya jadi kagum dan proses syuting jadi nyaman dan menyenangkan," kisah Lee Jung Hyun.

Suasana Syuting Menyenangkan

Lee Jung Hyun menyebut bahwa proses syuting Train to Busan 2: Peninsula jadi sangat menyenangkan karena sutradara Yeon Sang Ho punya sifat yang asyik dan suka bercanda. Bahkan Lee Jung Hyun memilih Yeon Sang Ho sebagai sosok yang paling bisa menghidupkan suasana di lokasi syuting.

Alasannya karena ketika memberikan arahan sebuah adegan, Yeon Sang Ho akan memeragakannya dengan kemampuan aktingnya sendiri.

"Melihat dia memperagakan akting itu seru banget. Arahan itu membantuku buat mendapatkan mood dan melihatnya berakting membuat suasana jadi lebih ceria. Daia sangat jago menyampaikan mood yang dimaksud dalam naskah dengan gestur yang pas," puji Lee Jung Hyun.

Aktor Kang Dong Won pun mengamini hal itu. Menurutnya, sutradara Yeon Sang Ho bisa berakting dengan sangat ekstrem.

"Dia suka akting berlebihan. Semua emosi disampaikan dengan ekstrem," candanya.

Wawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara PeninsulaWawancara eksklusif detikcom dengan pemain dan sutradara Peninsula Foto: dok. CJENM

Berbeda dengan sang aktris, sutradara film ini memilih dua pemain lainnya yaitu Lee Re dan Lee Ye Won.

"Karena mereka suasana syuting jadi lebih menyenangkan dan ceria," katanya.

Yeon Sang Ho terbilang beruntung karena orang-orang yang dihubungi dan ada dalam bayangannya memerankan karakter dalam film menerima tawarannya untuk main di Train to Busan 2: Peninsula. Kelegaan itu kemudian baru terasa setelah filmnya selesai.

"Setelah film ini selesai dibuat, saya jadi berpikir, kalau mereka saat itu menolak tawaran saya, bisa gawat sekali. Saya tidak bisa membayangkan peran dua tokoh ini digantikan oleh aktor dan aktris lain," katanya.

Train to Busan 2: Peninsula akan jadi film Korea Selatan yang ditayangkan di Korea-Indonesia Film Festival 2020. Film ini bisa disaksikan di CGV Paris Van Java dan Kings Shopping Center Bandung pada Kamis 29 Oktober 2020 dengan harga khusus yaitu Rp 5000. Film-film Korea Selatan lainnya bisa disaksikan di GoPlay secara gratis.

(ron/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT