Fakta-fakta Seru Webtoon Lookism, Kini Jadi Serial Animasi Netflix

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Seru Webtoon Lookism, Kini Jadi Serial Animasi Netflix

Diah Retno Andani - detikHot
Jumat, 16 Des 2022 09:25 WIB
Lookism
Foto: Instagram
Jakarta -

Webtoon populer karya Park Taejoon, Lookism, kini telah resmi tayang sebagai serial animasi original Netflix. Lookism bisa jadi pilihan tontonan yang cocok untuk menemani waktu luang. Durasi penayangan yang singkat (hanya sekitar 20 menit per episode!) membuat serial Lookism jadi tontonan yang enak dikunyah.

Serial animasi Lookism telah dinantikan oleh penggemar sejak lama, apalagi bagi para penggemar yang telah setia membaca cerita aslinya melalui Line Webtoon sejak 2014.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Webtoon Lookism. Yuk, simak deretan fakta menariknya di bawah ini:

1. Dibuat oleh kreator terkenal Park Taejoon

Mengenal Lebih Dekat Webtoonist 'Lookism' Park Tae Jun yang MenduniaPark Tae Jun saat diwawancara detikcom. Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Park Taejoon adalah salah satu kreator Webtoon asal Korea Selatan yang terkenal. Dia telah memiliki minat untuk menggambar sejak berusia 7 tahun. Kini dia juga memiliki perusahaan bernama PTJ Company Comics yang memproduksi berbagai komik original. Ada beberapa komik yang telah dirilis seperti Lookism, My Life as a Loser, Viral Hit, dan lainnya.

Sebelum memulai kariernya sebagai seorang kreator Webtoon, dia telah mencoba banyak pekerjaan seperti model dan membuka bisnis online. Hingga akhirnya dia menemukan Line Webtoon. Park Taejoon lalu mulai menerbitkan karya pertamanya disana pada tahun 2014. Sejak itu, Lookism menjadi Webtoon yang paling diminati dan menempati urutan pertama di Korea Selatan.

2. Berasal dari pengalaman masa lalu

Mengenal Lebih Dekat Webtoonist 'Lookism' Park Tae Jun yang MenduniaLookism Foto: Line Webtoon Indonesia

Inspirasi Park Taejoon dalam membuat Lookism berasal dari pengalaman masa lalunya. Lebih tepatnya pengalaman saat dia berada di bangku sekolah. Alur dari Webtoon tersebut juga mengisahkan tentang seorang murid sekolah menengah bernama Park Hyungsuk. Dia selalu ditindas oleh orang lain karena fisiknya yang tidak menarik. Hingga suatu ketika wajah dan tubuhnya berubah menjadi lebih sempurna.

Tak hanya di Webtoon, isu mengenai pembulian juga kerap diangkat melui drama-drama Korea Selatan lainnya. Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Sains, dan Teknologi Korea Selatan yang dikutip dari Asiaone. 1 dari 10 siswa di sekolah dasar dan sekolah menengah di Korea Selatan mengalami kekerasan dari teman di sekolahnya. Park Taejoon juga pernah menjadi korban bully. Untuk itu, dia mengangkat kasus mengenai hal tersebut ke dalam karyanya.

"Saya memilih bullying sebagai tema karena pengalaman saya ketika masih kecil. Saat itu, saya suka menyendiri. Sama seperti Park Hyungsuk (Daniel) dari Lookism, saya pindah ke sekolah lain untuk lari dari masalah tersebut," katanya dalam sebuah wawancara, dikutip dari Aminoapps.

3. Berawal dari Webtoon Challenge

Lookism kini menjadi komik yang paling banyak diminati. Namun, dulu Webtoon ini tidak langsung diterbitkan secara resmi oleh Line Webtoon. Park Taejoon mengungkapkan bahwa Lookism awalnya hanya terbit di Webtoon Challenge (sekarang telah berganti nama menjadi Webtoon Kanvas) selama 2 tahun. Lalu ketika dirilis secara resmi banyak pembaca yang antusias terutama dari negara Korea Selatan, Thailand, dan Indonesia.

Karya pertama Park Taejoon ini memiliki visual yang memanjakan mata. Sebab dia menggarapnya dengan sungguh-sungguh. Diketahui untuk proses pengerjaan satu episode dalam Webtoon Lookism membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Dalam waktu yang cukup singkat tersebut, dia mengerjakan penggambaran karakter hingga warna. Namun, Park Taejoon juga mengungkapkan bahwa usahanya untuk menghasilkan Webtoon yang menarik tersebut juga dibantu oleh beberapa asistennya.

4. Referensi karakter berasal dari dunia nyata

Mengenal Lebih Dekat Webtoonist 'Lookism' Park Tae Jun yang MenduniaLookism. Foto: Line Webtoon Indonesia

Tiap karakter dalam Webtoon Lookism kebanyakan digambarkan dengan visualisasi yang menawan. Rupanya karakter tersebut didasarkan pada penampilan orang-orang di kehidupan nyata, biasanya dengan nama yang sama. Banyak penggemar yang menganggap bahwa karakter Park Hyungsuk (Daniel) sangat mirip dengan Park Taejoon sendiri.

Dia juga mengungkapkan bahwa fashion yang digunakan kepada karakter utama tersebut menggunakan model fashion yang biasanya ada di halaman belanja online. Ada pula karakter yang bernama Vasco benar-benar terinspirasi dari dunia nyata. Park Taejoon terinspirasi dari wajah seorang rapper Korea yang memiliki nama sama dengan karakter tersebut.

5. Diangkat jadi serial animasi Netflix

Saat ini telah banyak karya populer Webtoon yang diadaptasi, entah itu menjadi drama atau animasi. Sebelumnya Webtoon populer seperti The Secret of Angel (True Beauty), Hellbound, Yumi's Cells, Business Proposal, Sweet Home, bahkan Weak Hero juga diangkat menjadi drama. Kini giliran Lookism yang diangkat menjadi serial animasi original Netflix.

Perilisan animasi ini sempat tertunda. Lookism awalnya direncanakan untuk rilis secara resmi di Netflix pada 4 November 2022. Namun, saat itu terjadi peristiwa tragis di Itaewon saat perayaan Halloween 2022. Pada akhirnya perilisan serial animasi ini ditunda karena Korea Selatan sedang berkabung. Akhirnya pada 8 Desember 2022, serial animasi Lookism resmi dirilis.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT